Pemkab Banyuasin Kerja Sama PGN, Warga Kecamatan Takel Bakal Nikmati Jargas di Rumah

BANYUASIN – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuasin melaksanakan Penandatanganan Momerantum of Understanding (MoU) dengan PT. Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk terkait penyediaan jaringan Gaskita Mandiri Untuk Rumah Tangga dan pelanggan kecil beserta Infrastruktur pendukung lainnya di Wilayah kabupayen Banyuasin.

Penandatanganan MoU ini dilakukan langsung oleh Bupati Banyuasin H. Askolani melalui Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono bersama dengan Direksi PT. PGN Tbk di Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin, pada Selasa, 27 September 2022.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet Somosentono mengatakan, bahwa pemanfaatan jargas akan menghemat pengeluaran rumah tangga dibandingkan tabung LPG 3 kg, yang biasa digunakan rumah tangga. Selain itu, program jargas juga akan menghemat subsidi LPG 3 kg dalam APBN.

“Dengan adanya jargas ini sehingga mempermudah para ibu-ibu rumah tangga dalam menjalankan aktivitas memasaknya tanpa perlu khawatir kehabisan gas, mau masak jam berapapun, karena gasnya tersedia,” katanya.

Ditambahkannya bahwa, sesuai dengan program nasional Bapak Presiden Jokowi terkait kebijakan peningkatan gas dalam negeri, Kami pemerintah kabupaten Banyuasin akan terus berupaya untuk menyambut kebijakan dan menselaraskan dengan kebijakan di Banyuasin melalui komitmen Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Iklas untuk melaksanakan 7 (tujuh) Program Prioritas dan 12 (Dua Belas) Gerakan Bersama Masyarakat.

“Sebelumnya di Kabupaten banyuasin tahun 2021 yang lalu melakukan Pengaliran perdana Jaringan Gas untuk kecamatan Banyuasin III pada Tanggal 19 Februari 2021 yang lalu pada 6 (enam) desa dan kelurahan dengan total sambungan sebanyak 6.899 Sambungan Rumah Tangga melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI,” bebernya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Pakde Slamet ini mengatakan, melalui MoU ini agar pihak PGN kembali berupaya untuk memperluas Jargas untuk Kecamatan Talang Kelapa (Takel) dengan total pengajuan sebanyak 15.000 rumah, mengingat wilayah tersebut merupakan kecamatan yang berbatasan dengan kota Palembang.

“Semoga hal ini dapat terwujud dan segera terlaksana sesuai dengan apa yang menjadi harapan kita bersama, dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Banyuasin, sekaligus pilot projek untuk Kabupaten lainnya di wilayah Sumsel,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT. PGN Tbk H. Achmad Muchtasyar mengatakan, setelah pelaksanaan MoU ini pihaknya akan segera melakukan pengerjaan sehingga Jargas ini dapat segera dinikmati oleh masyarakat kabupaten Banyuasin, khususnya untuk wilayah kecamatan Talang Kelapa.

“Kami akan segera bekerja, dan Insyaallah kita targetkan tahun ini untuk pembangunan Jargas dapat terselesaikan, sekaligus bisa digunakan oleh masyarakat,” terangnya. (SMSI Banyuasin)

Editor: Donni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *