Pemkab Banyuasin Gelar STQ 2 KORPRI

0
271

Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Seleksi Tilawatil Quran 2 KORPRI Tingkat Kabupaten Banyuasin tahun 2017 kembali diselenggarakan oleh Pemkab Banyuasin dan Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Banyuasin yang dibuka oleh Bupati Banyuasin Ir SA Supriono di Masjid Al-Amir Pemkab Banyuasin, Rabu (13/9).

Bupati Banyuasin Ir SA Supriono, mengatakan melalui STQ-2 KORPRI ini, diharapkan ASN selain sebagai Abdi Negara juga mempu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, minat baca dan kecintaan terhadap Al-Quran. Selain ajang ini juga untuk memperkuat ukhuwah sekaligus diharapkan mampu mengubah pola pikir, prilaku, dan sikap ASN Kabupaten Banyuasin ke arah yang lebih baik.

“Saya harapkan para ASN akan lebih cinta kepada Al Quran sebagai pedoman hidupnya serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari serta bersilaturahim di antara sesama ASN. Karena juga termasuk sarana untuk berkompetisi dan mengembangkan bakat dan minat bagi ASN,” kata Supriono.

Penyelenggaraan STQ ini, lanjut Supriono merupakan perwujudan komitmen Pemerintah dalam membangun kualitas SDM di bidang keagamaan khususnya terhadap pembinaan dan pembelajaran Al Quran melalui STQ. “Selain terciptanya ASN dan abdi masyarakat yang bersih dan berwibawa, serta amanah sebagai dampak dari hidayah cahaya Al Quran serta mampu menjadi motivator yang baik bagi dirinya maupun bagi orang lain serta menghindari perilaku tidak terpuji, korupsi dan nepotisme,” tuturnya.

Kepada peserta yang berhasil nantinya, sebagai pembaca terbaik STQ-2 KORPRI Tingkat Kabupaten Banyuasin akan ditetapkan untuk mewakili Pemkab dan Dewan Pengurus KORPRI Banyuasin pada STQ-IV KORPRI Sumsel tahun 2018. “Kemudian para peserta yang menjadi terbaik pada STQ IV Sumsel akan mengikuti MTQ-IV tingkat nasional 2018 yang akan diselenggarakan di Provinsi Banten 2018,” jelasnya.

Perlu diketahui kegiatan STQ KORPRI tersebut diselenggarakan bertujuan untuk menyeleksi Qori-Qoriah, Da’i-Da’iyah Al-Quran KORPRI Kabupaten Banyuasin Tahun 2017 yang merupakan PNS Kab Banyuasin untuk dikirim STQ Tingkat Provinsi Sumsel dan Nasional.

“STQ-2 KORPRI ini mengambil tema melalui Tilawatil Quran kita wujudkan peran KORPRI menuju birokrasi yang beraih, berwibawa dan dalam kehidupan berbangsa dam bernegara. Pada STQ-2 kali ini peserta yang mengikuti 95 orang berasal dari seluruh OPD Pemkab Banyuasin,”ujar Parjiyanto, S, Sos, MSi Sekretaris KORPRI Banyuasin yang membacakan laporan panitia.

Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut pada 13 dan 14 September dengan tiga cabang yang diperlombakan.

“Untuk di Masjid Agung Al-Amir Pemkab Banyuasin dengan Cabang Tilawatil Quran, Gedung Aula Kementrian Agama Banyuasin Cabang Tartil Al-Quran dan Gedung Auditorium Pemkab Banyuasin Cabang Dakwah Al-Quran,” pungkasnya.

Laporan : Al Dafid
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre