Pemekaran Kabupaten Gelumbang Segera Diparipurnakan Sebelum 12 Februari 2018

122

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Masyarakat Kecamatan Gelumbang yang ada di daerah Sumsel maupun di perantauan boleh bergembira. Sebab daerah tersebut suatu saat bakal dimekarkan dari Kabupaten Muara Enim dan menjadi kabupaten sendiri yakni Kabupaten Gelumbang.
Rapat melalui paripurna tentang pemekaran tersebut dijadwalkan sebelum 12 Februari ini di DPRD Sumsel.
Hal itu terungkap dalam acara reses rombongan Komisi I DPRD Provinsi Sumsel dalam rangka informasi dan pemahaman lebih lanjut terhadap persiapan pemekaran Kabupaten Gelumbang, di halaman Kantor Camat Gelumbang, Selasa (23/1).

Asisten I Pemkab Muara Enim, Teguh Hidayat menyatakan masyarakat Gelumbang ini, sejak dulu memang sudah punya “embrio” untuk memekarkan diri dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Secara topografi, memang Gelumbang ini sudah agak terpisah,” ujarnya seraya menyebut Pemkab Muara Enim sendiri prinsipnya sejak dulu sangat mendukung mekarnya Kabupaten Gelumbang.
“Oleh karena di tingkat Kabupaten tentu tidak ada masalah. Dalam hal ini, Komisi I harus berupaya untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui terbentuknya daerah otonomi baru,’’ tambahnya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumsel, HM Husni Thamrin menambahkan. Gelumbang ini sudah sepatutnya menjadi Kabupaten.
‘’Kita lihat dari Topografi sudah tidak konektivitas dengan Muara Enim, bahkan batas daerahnya juga sudah tidak memungkinkan karena berbatasan dengan Pali, OI, Prabumulih, dan Palembang.

“Paling tidak kita akan memberikan rekomendasi pada saat paripurna,” ujarnya seraya menyebut juga berdasarkan hasil kajian pihaknya dan berdasarkan mekanisme yang ada.

Setelah ini, ujarnya, pihaknya juga akan bertemu dengan pihak akademisi. “Ini kesempatan kami menerima masukan dan pertanyaan dari peserta yang hadir termasuk perwakilan dari enam kecamatan,” lanjutnya lagi.

Yang jelas, kata dia, DPRD dan seluruh fraksi sudah menyetujui rencana pemekaran dan hasil di lapangan, pemekaran ini memang kehendak masyarakat Dapil III Muara Enim.

“Insya Allah pemekaran terealisasi di 2018 akhir,” sambungnya seraya menyebut hal itu tergantung pusat.

Hal senada diungkap Ketua Komisi I DPRD Sumsel, Kartika Sandra Desi. Dimana pihaknya sudah melihat antusias masyarakat dan pemerintah kabupaten untuk pemekaran. “Kamis nanti kami berangkat ke Mendagri, sebelum tanggal 12 akan digelar paripurna dan persetujuan pemekaran akan dilaksanakan,” jelasnya.

Ditambahkan Komisi I DPRD Muara Enim, Mukarto, mereka telah mengkaji, menelusuri, dan menelaah dari pelosok Desa Zona III. “Hasilnya memang masyarakat mengharapkan betul Gelumbang menjadi Kabupaten,” tandasnya.

Kabag Pemerintahan dan Otoda Provinsi Sumsel, Darul menambahkan. Terkait dengan tapal batas rencana pemekaran, Gelumbang berbatasan dengan lima wilayah masing-masing Banyuasin sudah ada komitmen untuk sama-sama meninjau ke lapangan.

Lanjut dengan perbatasan Prabumulih sudah dalam waktu dekat akan bahas di kementerian karena ada rencana pemekaran kecamatan dan sudah sepakat, wilayah OI beberapa hari lalu sudah ditinjau dan sudah dilimpahkan ke pusat dan sudah difasilitasi dan tinggal monitor.

“Perbatasan dengan Pali setengah bulan lagi akan terbit Permendagri dan perbatasan dengan Palembang akan terbit Permendagri penegasan batas wilayah. Untuk peta wilayah juga sudah ada dan sudah ditandatangani masing-masing kabupaten yang berbatasan,” tukasnya.
Namun ada beberapa catatan yang tidak terlalu signifikan dan akan diselesaikan dan rencana pemekaran ini tidak akan terhambat.

Laporan : Taufik Hidayat
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here