Pembukaan Bursa Inovasi Desa Cluster 3.1, Plh Bupati Kampar : Menuju Kampar Tangguh

29

Sumateranews.co.id, RIAU- Untuk meningkatkan kemajuan sebuah desa dan masyarakat terutama yang berada dalam kawasan Kabupaten Kampar dengan ini pemerintah Kabupaten Kampar  melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mengadakan acara Bursa Inovasi desa (BID), Plh Bupati Kampar Yusri Msi secara langsung membuka Bursa inovasi desa untuk cluster 3.1 yang dipusatkan di kecamatan Bangkinang di Gor PLTA Koto Panjang Desa Merangin Kecamatan Kuok Rabu 31/7/2019 meliputi Kecamatan Kuok, Salo, XIII Koto Kampar dan Kecamatan Koto Kampar Hulu.

Kegiatan Penyelenggaraan pemerintah desa dari masa ke masa terus mengalami penyesuaian yang didasarkan pada kemajuan yang tumbuh dalam masyarakat dengan perkembangan zaman diharapkan dibuat inovasi untuk meningkatkan daya saing yang bertahap agar desa bisa berkembang dilaksanakan  demi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Yusri.

Progam inovasi desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target melalui peningkatan produktivitas perdesaan” Kata Plh Bupati Kampar Drs. Yusri, M Si.

“Melalui Bursa Inovasi Desa (BID) ini kita berharap ke depan seluruh desa yang ada di Kabupaten Kampar ini bisa memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakatnya baik di bidang pendidikan,  Kesehatan maupun pembangunan,” tambahnya.

Progam seperti ini diharapkan bisa berlanjut pemerintah selalu mendorong program-program yang positif, dan kita harapkan dapat memberi support terhadap pembangunan Kampar. Manfaatkanlah program inovasi ini sebaik-baiknya. Gunakan promosi untuk produk yang dihasilkan nanti pemerintah juga konsisten meningkatkan dana desa, Ini adalah saat yang tepat bagi desa untuk membuat perubahan kemajuan. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hanyalah bertugas mengawal, mengawasi, membimbing dan ke depannya semoga meningkat dari tahun ke tahun.

‘’Tentu tidak lupa dalam membangun Kampar kita bahu-membahu bergandengan tangan sehingga tercipta Kampar yang maju,” cetusnya.

Sementara itu Ketua Panitia Akhir Yani mengatakan, bursa inovasi desa untuk meningkatkan kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat. Pada hari ini cluster 3.1 yang dipusatkan di Kecamatan Kuok diikuti oleh Kecamatan XIII Koto Kampar, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Salo, dan Kecamatan Kuok. Sekaligus hari terakhir pelaksanaan bursa inovasi desa.

Program inovasi desa dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa menaikkan ekonomi masyarakat sesuai undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang setiap desa dalam mengembangkan  rencana  dan pelaksanaan pembangunan secara berkualitas.

Kemudian Ambar Wati Rustamin selaku Sekretaris Tim Inovasi Desa Kampar berharap masyarakat dapat lebih baik, dari segi ekonomi dan kehidupan yang lebih layak serta dapat meningkatkan produktivitas masyarakat  dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber dana yang memiliki  daya saing. Sehingga  dapat menjadikan desa yang sejahtera.

Turut hadir juga pada acara ini Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kampar,  seluruh kepala desa BPD, dan camat serta masyarakat setempat. Hadir juga pada kesempatan tersebut Ambar Wati Rustantini sekretaris Tim Inovasi Desa  Kampar, Yuwarlis Pendamping lokal Desa Akhir Yani Ketua Panitia Bursa/ TPID.

 

Laporan          : Arifin

Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here