Pemborong Proyek Drainase Talang Subur Diminta Bertanggung Jawab

168
Sidak : Team Kroscek Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) kabupaten PALI bersama Unit Tipikor Polres PALI, saat melakukan sidak di lokasi proyek pembangunan Drainase Talang Subur, kecamatan Talang Ubi, Rabu (10/06).

Sidak Team Kroscek PUBM PALI

Sumateranews.co.id, PALI – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) kabupaten PALI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meminta pihak CV Dua Pendawa Sakti bertanggung jawab atas kekurangan volume pengerjaan Drainase, yang terletak di Talang Subur, kecamatan Talang Ubi, kabupaten PALI.

Pasalnya Drainase yang dikerjakan oleh pihak CV Dua Pendawa Sakti dengan nilai kontrak sebesar Rp 199.088.000,- diduga tidak sesuai spekulasi yang sudah ditentukan.

Hal ini diketahui setelah Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga bersama team kroscek langsung melakukan sidak (inspeksi mendadak, red) ke lapangan setelah menerima laporan dari warga bahwa adanya dugaan kecurangan dalam pengerjaan Drainase yang dikerjakan oleh pihak CV Dua Pendawa Sakti tersebut.

Dari pantauan, ketebalan dinding Drainase di dalam RAB seharusnya 12 centimeter, namun hanya dikerjakan oleh pihak pemborong setebal 7 centimeter.

“Sudah kita gali dan kita ambil sample dengan cara memecah 3 titik bangunan, dibangunan tersebut, kita temukan ada yang hanya ketebalan 7 cm meter, juga ada yang normal,” Kata Hilmansyah.ST, Kadin PU BM Melalui Victor.ST, Selaku PPTK Pembangunan Drainase, Rabu (10/6/2020).

Menurut Victor, terkait temuan ini pihak penyedia jasa harus bertanggung jawab untuk memerbaikinya sesuai apa yang ada di dalam RAB, atau bisa juga dengan cara menambah panjang meter. Namun meskipun demikian dijelaskan Viktor, untuk kekurangan volume tersebut pihaknya harus kalkulasi dulu untuk menghitung berapa besar kekurangan volume bangunan.

Tampak dalam sidak itu, selain Dinas PUBM yang datang ke lokasi, juga turut serta Kepala Unit (Kanit) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres PALI Rachman Priyanto.,SH.

“Ya kita menjalankan tugas dan wewenang mana yang salah sesuai aturan kita minta untuk diperbaiki,” tegas Rachman, singkat.

Laporan : Herman III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here