Pembongkaran PAUD SPNF Dijaga Ketat Petugas

0
139

Sumateranews.co.id, BANYUASIN– Pemerintah Kabupaten Banyuasin akhirnya melakukan pengosongan terhadap gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) milik Satuan Pendidikan Non Formal di Jalan KH Sulaiman, Kelurahan Kedondong Raye, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin.

Pengosongan sekaligus pembokaran gedung yang bakal direhabilitasi oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin ini dikawal oleh sejumlah aparat keamanan, baik dari oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun aparat Kepolisian.

Pada pengosongan rumah yang sebelumnya dijadikan gedung PAUD – SPNF dilakukan langsung oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) berjalan lancar dan terkendali, karena Agus Junaidi sebagai penghuni gedung PAUD – SPNF disewakan ke salah satu kontrakan di wilayah Cangkring, Kelurahan Kedondong Raye.

Pemantauan media ini di lapangan, waktu pengosongan PAUD SPNF tersebut memang terjadi negosiasi beberapa menit, setelah terjadi kesepakatan, pihak Satpol PP langsung memindahkan sejumlah barang aset pemerintah ke gedung SPNF, sedangkan barang pribadi Agus Junaidi langsung dibawa ke tempat kontrakan.

“Kita hanya menjalankan tugas sebagai aparat negara untuk melakukan pengosongan terhadap gedung PAUD – SPNF, karena gedung tersebut akan dilakukan rehab oleh Disdikporapar Kabupaten Banyuasin,” kata Kepala Satpol PP, Drs. Antoni Liando MSi melalui Kepala Bagian (Kabag) Penegakan Perda Abdul Aziz. SH. MSi, saat dikonfirmasi, Senin (03/09).

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bagian (Kabag) Hukum Dapod Siregar melalui Kasubbag Tata Bantuan Hukum dan Hak Azazi Manuasia (HAM), Edi Effendi. SH. MSi mengatakan, untuk melakukan pengosongan gedung PAUD-SPNF di Jalan KH Sulaiman sudah dilakukan negosiasi dengan kepala dingin, sehingga pengosongannya berjalan tanpa kendala.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disdikporapar) Kabupaten Banyuasin Drs. HM Yusuf MSi melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD, A Ihwani S.Pd mengatakan, bangunan tersebut dibongkar untuk dilakukan perbaikan.

Sementara peserta didik PAUD – SPNF lanjut dia, bisa belajar di gedung bersebelahan dengan Kantor SP-NF, karena semua sarana PAUD – SPNF sudah dipindahkan ke sana, baik meja belajar maupun sarana pendidikan lainnya.

“Penghuni Gedung PAUD – SPNF Agus Junaidi sudah beri uang oleh pemerintah untuk kontrakan karena gedung tersebut akan direhablitasi. Usai pengosongan, gedung tersebut langsung dilakukan pembongkaran untuk diperbaiki,” tegasnya.

Sementara penghuni gedung SPNF, Agus Junaidi mengakui, bahwa dirinya mendapat kontrakan selama tiga bulan. “Saya diberikan kontrakan selama tiga bulan di wilayah Cangkirng, Kelurahan Kedondong Raye, Kecamatan Banyuasin III,” akunya.

Laporan          : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali