Pembobol Indomaret Dilumpuhkan Timah Panas

0
311

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH –  Kejadian pembobolan Indomaret yang berada di Jalan RA Kartini Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih tersangkanya kini telah diamankan oleh Polres kota Prabumulih.

Tak kurang dari 24 jam, jajaran Polres Prabumulih bersama Polsek Prabumulih Timur berhasil mengungkap kasus pembobol Indomaret Sukajadi yang tersangkanya tertangkap di Desa Pandan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.

Pelakunya atas nama Alamsyah alias Alam (24), warga Dusun Gunung Ibul, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur berhasil diringkus Tim Khusus (Timsus) Gurita Polsek Prabumulih Timur, Senin malam (7/5/2018) sekitar pukul 20.00 WIB di Desa Pandan, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI.

Tertangkapnya tersangka berkat informasi yang dihimpun dari rekaman CCTV yang ada di Indomaret yang dibobolnya tersebut. Dan jajaran Polsek Prabumulih Timur bersama Polres Prabumulih melakukan penyelidikan dan diketahui pelakunya adalah Alamsyah alias Alam.

Informasi yang didapat, yaitu usai beraksi tersangka tersebut melarikan diri atau kabur ke Desa Pandan, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten PALI. Polisi pun langsung bergerak, dan melakukan penangkapan terhadap Alam.

Karena melakukan perlawanan ketika penangkapan di Desa Pandan. Akhirnya, pihak kepolisian terpaksa menghadiahi timah panas di kaki sebelah kiri hingga tersangka pun dapat dilumpuhkan.

“Pelaku sudah kita tangkap malam harinya, usai beraksi di Indomaret pada malam Senin tanggal 7 kemarin. Sementara ini, pelakunya hanya satu yaitu Alamsyah dalam pengakuannya. Pelaku terpaksa kita tembak kaki kirinya, dikarenakan ketika ditangkap pelaku hendak kabur. Barang bukti yang kami amankan yaitu berbagai jenis rokok hasil curiannya” ujar Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk, SIK, MH melalui Kabag Ops, Kompol Zaian ZL didampingi Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yusman, SH, MH didampingi Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando, SH, MSi ketika press realease bersama sejumlah awak media di Polres Prabumulih, Selasa (8/5/2018).

Kasusnya sendiri, masih terus dikembangkan oleh jajaran Polsek Prabumulih Timur. Untuk mempertanggungjawaban perbuatannya, pelaku sendiri dijerat dengan Pasal 363 KUHP.

“Modus yang pelaku, masuk ke dalam Indomaret dengan cara menaiki atap bangunan ruko. Dan, menjebol plafon ruko masuk ke dalam mengambil bermacam-macam rokok, kosmetik, dan membobol brankas uang. Agar aksinya tak terendus, sempak memasukan DVR CCTV ke bak mandi. Ternyata, usahanya sia-sia. Usai beraksi, pelaku keluar dari pintu depan dan memecah kaca. Lalu, merusakan rolling door,” terangnya.

Sebelumnya, kejadian tersebut dilaporkan oleh Nicorolus Andre Pamungkas (22), Kepala Toko Indomaret Sukajadi dan tercantum dalam LP/B/V/2018/SUMSEL/PBM/SEK PBM Timur, 7 Mei 2018.

Akibat kejadian tersebut, Nico melaporkan kerugian tokonya sebesar Rp 15 juta. Dan, ia membeberkan kalau yang pertama kali mengetahui kejadian tersebut adalah Hendri (22), salah satu pegawainya yang bertugas pagi.

Sekitar pukul 06.15 WIB, mendapati Indomaret Sukajadi rolling doornya sudah dalam keadaan rusak. Pintu kaca depan pecah, dan setelah dicek sejumlah rokok, alat kosmetik, dan lainnya telah raib.

“Saya hanya dapat laporan dari karyawan, kalau toko sudah dibobol maling. Selanjutnya, kejadian ini saya laporkan ke sini (Polsek Prabumulih Timur, red),” akunya kepada petugas.

Sementara itu, Alam di hadapan petugas mengakui semua perbuatannya. Dan, ia menjelaskan, usai beraksi langsung kabur ke Desa Pandan. Untuk bersembunyi dan menghilangkan jejak, supaya tidak tertangkap pihak kepolisian.

“Hasil curian tersebut, belum sempat terjual dan dinikmati. Aku lah keburu ketangkap polisi duluan di Dusun Pandan,” akunya kepada sejumlah awak media.

Kepada polisi, Alam mengaku pernah melakukan curat bersama pelaku lainnya di wilayah hukum Polres Prabumulih April lalu. “Kalau curat itu, aku berduo Pak ngelakukenyo samo kawan aku,” tandasnya.

Laporan          : Taufik Hidayat

Editor/Posting : Imam Ghazali