Pembinaan Dasa Wisma 4 Kelurahan Berlangsung di Pasar Bawah

0
198

Sumateranews.co.id, LAHAT- Dasa wisma adalah kelompok ibu-ibu berasal dari 10 KK (kepala keluarga) rumah yang bertetangga untuk mempermudah dalam menjalankan suatu program. Hasil kinerja mereka nantinya melalui Ketua Dasa Wisma dilaporkan ke Ketua PKK.

Kegiatannya diarahkan pada peningkatan kesehatan keluarga. Bentuk kegiatannya seperti arisan (PKK), pembuatan jamban, sumur, pengembangan dana sehat (PMT, pengobatan ringan, serta membangun sarana sampah dan kotoran.

Acara pembinaan para ibu Dasa Wisma yang berasal dari 4 Kelurahan  yakni Pasar Bawah, Pagar Negara, Kota Jaya, dan Kelurahan RDPJKA Bandar Agung dan dibuka oleh Edi Sahrun SE selaku Lurah Pasar Bawah berlangsung di Aula Kelurahan Pasar Bawah, Senin (18/12). Hadir pada kegiatan tersebut antara lain Ketua PKK Kecamatan diwakili  Yati Minarsi, Kepala UPTB BKKBN Heransyah, Ketua PKK Pasar Bawah Ny Eni Sundiarti Edi Sahrun, Ketua PKK Kota Negara Ny Wiwit Rohim. Acara dibuka Lurah Pasar Bawah Edi Sahrun SE.

Dalam sambutannya  Lurah Pasar Bawah mengatakan bahwa dengan adanya pembinaan Dasa Wisma ini diharapkan kepada PKK Kelurahan nantinya dapat menerapkannya kepada masyarakat di kelurahan masing-masing demi terciptanya lingkungan yang sehat dan bersih agar terhindar dari segala penyakit.

Sedangkan Heransyah dari UPTB BKKBN mengatakan salah kegiatan dasa wisma yang berkaitan dengan BKKBN adalah KB, Posyandu, dan ibu hamil. ‘’Tapi kami bukan mengelola orangnya tapi bagaimana  cara  ibu melakukan pembinaan  dari bayi hingga remaja dan sudah menikah,’’ tandasnya.

Laporan           : Novita

Editor/Posting : Imam Ghazali