AcehHeadlinePendidikan

Pembantu Dekan III FH Unimal Beri Materi Training Raya HMI Nasional

Sumateranews.co.id, Lhokseumawe – Pembantu Dekan III (PD III) Fakultas Hukum Unimal, memberikan materi pada kegiatan training raya tingkat nasional dari Intermediate Training (LK II), Senior Course (SC),Latihan Khusus Kohati (LKK) Tingkat Nasional, di Gedung SKB, Kota Lhokseumawe, (09/02/2020).

Training raya itu diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Lhokseumawe-Aceh Utara yang bertemakan “Rekognisi Insan Akademis Pencipta, Pengabdi yang Berkontribusi Sebagai Pilar Peradaban”.

Dalam Forum training LK2, PD III FH Unimal sekaligus dosen fakultas hukum itu, berikan materi yang seputaran Identitas Nasional (ID-NAS) Aktualisasi Pengembangannya Melalui Revitalisasi Pancasila.

Membahas situasi Indonesian dimulai dari sejarah Panjang Gerakan tahun 1908, 1928, 1945, baik setelah Merdeka, Reformasi dan saat ini.

“ID-NAS sebagai karakter bangsa merupakan manifestasi nilai nilai budaya yang dengan ciri khas budaya itu, suatu bangsa berbeda dengan bangsa lainya dalam hidup dan kehidupan nya, dalam konteks Indonesia nilai nilai yg telah berkembang sejak dulu kemudian di himpun dalam Kesatuan Indonesia dengan bingkai Pancasila dan semboyan Bhineka Tunggal IkaI” Jelas Hadi Iskandar, SH MH (09/02).

Berdasarkan penjelasannya, Hakikatnya ID-NAS adalah Pancasila tercermin dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ideologi Nasionalisme dan Karakter Bangsa harus terjaga dengan baik, perkecil perbedaan, perbesar persamaan dalam rangka menjaga Keutuhan NKRI.” pungkasnya

Dalam kesempatan itu, ia juga sempat membahas Geopolitik dan Geostrategi Indonesia.

Laporan : Alga
Posting : Abiyasa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button