Kasus & PeristiwaLampungNusantaraSecond Headline

Pembagian BLT-DD Triwulan I, Ini Pesan Babinsa Koramil 02/Way Bungur kepada Masyarakat 

LAMPUNG TIMUR – Babinsa Koramil 429-02/Way Bungur Kodim 0429/Lamtim, Serma Agus Susanto dan Sertu Yandi menghadiri kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Triwulan I, Minggu, 7 April 2024.

Kegiatan penyaluran BLT-DD yang berlangsung di balai desa Toto Mulyo dan Kali Pasir ini juga turut dihadiri oleh Bhabinkamtibmas, para Kades beserta perangkat, serta pendamping desa.

Tercatat, untuk desa Toto Mulyo ada 35 KPM (Keluarga Penerima Manfaat), yang menerima BLT DD, sedangkan desa Kali Pasir sebanyak 57 KPM, dengan masing-masing KPM menerima Rp.300.000 per bulan (Januari, Februari, Maret) sehingga total yang diterima untuk Triwulan I Rp.900.000.

Penyaluran BLT-DD adalah pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu di desa yang bersumber dari Dana Desa untuk sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi terutama dampak inflasi ekonomi.

Selain itu juga disampaikan bahwa Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2024 ini, yakni penerima manfaat BLT Dana Desa antara lain, keluarga yang kehilangan mata pencaharian, keluarga yang terdapat anggota keluarga yang sakit menahun, dan yang tidak menerima bantuan PKH serta keluarga lanjut usia.

Disela-sela kegiatan, Babinsa Serma Agus Susanto mengatakan, kehadirannya bersama Bhabinkamtibmas adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam kegiatan pendistribusian BLT-DD di wilayah binaan.

“Kami di sini hanya untuk ikut mengawasi dan mendampingi penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa sehingga tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak menerima,” ungkapnya.

Tak lupa Babinsa berpesan kepada masyarakat penerima bantuan agar menggunakan sesuai dengan kebutuhan.

“Syukuri bagi yang sudah menerima bantuan, serta pergunakan sesuai dengan kebutuhan apalagi dalam waktu dekat menghadapi Idul Fitri 1445 H,” pesannya.

Terpisah, Danramil 429-02/Way Bungur, Lettu Arm J. Sigit mengatakan, Pembinaan Teritorial (Binter) sebagai tugas pokok Babinsa diharapkan mampu memupuk kebersamaan dengan masyarakat binaan agar kemanunggalan TNI dengan rakyat tetap terjaga.

“Binter adalah Baik-Baik dengan Rakyat, atau saat ini dengan munculnya motto “Bersama Rakyat TNI Kuat” kesemuanya itu merupakan bagian dari pengejawantahan hakekat Binter,” pungkas Danramil.

Selain kegiatan penyaluran BLT-DD, juga dilaksanakan pendistribusian bantuan kepada warga masyarakat desa Toto Mulyo, yang terdampak angin puting beliung yang terjadi beberapa hari lalu. (Ahmad R)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button