PELATIHAN WIRAUSAHA SANITASI (WUSAN) DI DESA BATAY GUMAY TALANG

0
385
Kegiatan sosialisasi sanitasi di Desa Batay. (Foto: Vita)

Sumateranews.co.id, LAHAT- Demi mewujudkan lingkungan yang sehat di Desa batay Kecamatan Gumay Talang Lahat maka diadakanlah pelatihan Sanitasi Wusan (Wirausaha Sanitasi), Kamis (19/10) pukul 09.00 WIB di Balai Posyandu Desa Batay.

Acara ini bertujuan  untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya sanitasi dan pembuatan jamban keluarga yang sehat. Acara ini dibuka oleh Camat Gumay Talang  Sumarno Dalam kesempatan itu, Camat menyerukan kepada masyarakat untuk membuat jamban dan jangan membuang hajat di kali atau sungai.

Sedangkan Kepala Puskesmas Gumay Talang mengungkapkan bahwa melalui sosialisasi ini mengajak kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Gumay Talang untuk memperhatikan sanitasi agar tercipta Desa ODF (opendefecation free).

Di sela pelatihan tersebut pihak puskesmas memperagakan testimoni  tentang BAB sembarangan kepada warga serta dampaknya terhadap lingkungan.

Ketika diwawancarai awak media, Soli. A selaku Batuud Koramil Kota mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan bantuan fasilitas terbentur pada pendanaan. ‘’Karena itu, kiranya pihak ketiga macam PT Lonsum dapat membantu,’’ harapnya.

Laporan             : Novita

Editor/Posting  : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article