Pelatihan Membatik Dinas Koperasi Berakhir

0
168

Sumateranews.co.id, LAHAT- Kegiatan pelatihan kewirausahaan membatik yang telah digelar selama lima hari oleh Dinas Koperasi Lahat, Jumat (4/8) berakhir. Para peserta yang berasal dari UKM, Pelajar SMU dan SMK kini telah memiliki pengetahuan membatik sekaligus pengembangan pangsa pasarnya.
‘’Kepada para peserta yang secara tertib dan sabar mengikuti arahan dan bimbingan dari narasumber, kami ucapkan terima kasih. Semoga pengetahuan wirausaha membatik ini akan membawa banyak manfaat. Khusus kepada dua narasumber yakni Ibu Ika dan Ibu Umi saya ucapkan terima kasih atas paparan materinya kepada para peserta,’’ ujar Kepala Dinas Koperasi Lahat melalui Kepala Bidang Usaha Mikro, Dawam.
Dengan adanya kegiatan pelatihan kewirausahaan membatik ini, maka diharapkan para peserta dapat membentuk kelompok usaha membatik yang andal. ‘’Sehingga dapat memperbaiki dari segi ekonomi keluarga dan masyarakat,’’ cetus Dawam.

Dawam mengharapkan, kelompok-kelompok yang dibentuk nantinya dapat membuat batik bercorak khas Kabupaten Lahat dengan menggunakan bahan pewarna alami berbahan dasar jelawi, tunjung, dan kulit batang mahoni. ‘’Dan hasilnya dapat dipasarkan ke daerah lain bahkan dapat dikembangkan secara nasional. Bahkan untuk pemasaran batiknya, nanti ada Pak Budi Borubudur selaku UKM Lahat yang akan membantu,’’ tandas Dawam.

Selain akan dijual, kain batik ciri khas Lahat karya peserta pelatihan ini juga nantinya akan dipajang di pameran pembangunan tahun 2018.

Laporan : Novita
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre