Pelanggar Lalin Masih Didominasi Pelajar

0
114

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Jajaran Satlantas Polres Prabumulih tak henti-hentinya memberi imbauan kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan berlalu lintas. Hal ini dilakukan karena masih tingginya pelanggaran serta kecelakaan lalulintas yang terjadi di Kota Prabumulih yang hingga kini masih didominasi anak usia di bawah umur atau pelajar.

Kapolres Prabumulih, AKP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Lantas, AKP Novrizal Dwiyanto SH menuturkan, berbagai langkah dan upaya petugas melakukan sosialisasi di berbagai tempat sudah dilakukan.

“Termasuk kita melakukan pemasangan spanduk-spanduk imbauan di sepanjang jalan yang ada di beberapa titik kawasan Jalan Jenderal Sudirman kota ini,” ujar Novrizal, Kamis (10/8).

Hal tersebut terus dilakukan, dengan harapan pengendara atau pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dapat meningkatkan kedisiplinan berkendara. Kedisiplinan dalam bentuk melengkapi peralatan keamanan berkendara dan surat surat penting yang dibutuhkan.

“Khusus pengguna jalan roda dua, saya menekankan wajib menggunakan helm berstandar nasional Indonesia atau SNI. Helm tersebut sudah dibuat seaman mungkin guna melindungi benturan dalam kecelakaan,” cetusnya.

Tidak hanya itu, sambung Novrizal, pengendara juga wajib melengkapi surat-surat kendaraan seperti, STNK dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Untuk pengendara roda empat kata dia, agar selalu memakai sabuk pengaman dan SIM serta STNK. “Juga kita minta jangan mengemudi pada saat ngantuk atau capek,” imbuhnya.

Selain berbagai langkah tersebut telah dilakukan, AKP Novrizal juga mengatakan saat ini yang menjadi perhatian pihaknya terhadap para pelajar sekolah yang kini mendominasi melakukan pelanggaran maupun kecelakaan berlalulintas dengan mendatangi ke sekolah-sekolah guna memberikan informasi terkait tertib berlalulintas tersebut.

“Iya jadi kita juga saat ini terus melakukan kegiatan sosialisasi tertib berlalulintas di beberapa sekolah yang ada di kota. Dimana pada kegiatan di setiap sekolah itu bertemakan Police goes To School atau polisi pergi ke sekolah,” paparnya.

Laporan : Fadli

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article