Pelaku Perampok Emas 9 Kilogram di Gelumbang Berhasil Dibekuk di Desa Dayu Rejo Jatim

0
211
Rampok: Tersangka Swingno alias Witno, satu dari dua pelaku perampokan dua toko emas di Pasar Pagi Gelumbang Muaraenim, pada Kamis (11/01) lalu, yang berhasil kabur dengan membawa emas seberat sekitar 9 kilogram, baru-baru ini berhasil diringkus polisi ditempat persembunyiannya di Desa Dayu Rejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruhan Provinsi Jawa Timur. Tersangka Witno terpaksa ditembak petugas pada kaki kiri sebanyak 2 peluru dan kaki kiri 1 peluru karena berusaha melawan dengan cara kabur saat disergap petugas.

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Salah satu dari dua pelaku perampok dua toko emas di Pasar Gelumbang Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muaraenim, yang berhasil kabur membawa emas seberat sekitar 9 kilogram, berhasil ditangkap petugas di tempat persembunyiannya di Desa Dayu Rejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruhan Provinsi Jawa Timur.

Menurut informasi yang diterima media online ini, pelaku yang belakangan diketahui bernama Swingno alias Witno ini pun terpaksa dilumpuhkan petugas dengan peluru pada kaki kiri sebanyak dua peluru dan satunya di kaki bagian kanan, karena berusaha melawan dengan cara kabur saat disergap petugas. Sementara satu pelakunya lagi, saat ini masih diburu petugas.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak Kepolisian resort (Polres) Muaraenim.

Hanya informasi singkat diberikan oleh Kapolsek Gelumbang, AKP Indroyono SH melalui Kanit Reskrimnya, Ipda Hamdani SH, ketika dikonfirmasi, Minggu (21/01) siang. Melalui balasan pesan singkatnya (SMS), Hamdani membenarkan penangkapan terhadap salah satu pelaku perampokan pada dua toko emas di Pasar Pagi Gelumbang, yang terjadi pada Kamis (11/01) pagi tersebut.

“Saya di me. Info nya ya. Tapi blm ada konfirmasi a1 utk data nya. Trims,” balas Hamdani singkat, ketika berhasil dikonfirmasi lewat ponselnya.

Sementara itu, usai mendapatkan perawatan dari tim medis di salah satu rumah sakit Kabupaten Pasuruhan, informasinya tersangka Witno langsung akan dibawa ke Polda Sumsel terlebih dahulu dan baru kemudian diserahkan ke Polres Muaraenim, sebagai lokasi tempat kejadian (TKP).

“Mgkn nian ndo. Kalo kami idk nangkap dio mgkn jatanras polda, trims info Ndo,” sebut Katim Buser Polsek Gelumbang, Aiptu Erik saat dikonfirmasi terkait kronologis penangkapan pelaku.

Seperti pemberitaan sebelumnya, tersangka Witno bersama ketiga rekannya dengan menggendarai dua sepeda motor merampok dua toko emas di Pasar Pagi Gelumbang yakni, Toko Emas Gelumbang Jaya dan Toko Emas Permata, pada Kamis (11/01) pagi yang lalu. Dengan menggunakan senjata api (senpi) para pelaku mengancam kedua pemilik toko emas tersebut, dan berhasil merampas emas seberat sekitar 9 kilogram.

Namun apes dialami dua rekan tersangka Witno, saat hendak kabur keduanya berhasil ditangkap massa. Bahkan salah satu diantaranya, harus meregang nyawa setelah dihadiahi peluru milik petugas Polsek Gelumbang sebanyak 2 kali pada bagian pahanya karena mencoba melawan dan kabur dari kepungan petugas. Sedangkan satu pelakunya lagi kritis akibat dipukuli massa, sehingga sempat dirawat di Puskesmas Gelumbang dan selanjutnya dirujuk ke RSUD kota Prabumulih.

Sementara pelaku Witno bersama rekannya, yang saat ini masih buron (DPO) berhasil melarikan diri dengan membawa emas seberat sekitar 9 kilogram hasil rampokan mereka. Namun berkat kesigapan petugas, setelah mendapat informasi tersangka kabur ke Pulau Jawa, polisi terus memburunya dan berhasil membekuk tersangka ditempat persembunyiannya di Desa Dayu Rejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruhan Provinsi Jawa Timur.

Laporan : Taufik Hidayat
Editor : Donny

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article