Pelaku Penyebar Berita Hoax Adanya Korban Sinabung Dipolisikan

0
219
Inilah berita hoax Sinabung yang terkirim hingga meresahkan warga. (foto: sofi)

Sumateranews.co.id, SUMUT- Terkait adanya berita hoax yang disebarkan di salah satu akun Facebook bernama Mhd Ricky Arfandy sehari setelah Gunung Api Sinabung meletus pada hari Senin (19/2) pukul 08.53 WIB yang mengatakan adanya korban jiwa, maka pemilik akun kini telah dipolisikan.
Sebab adanya status tersebut membuat warga menjadi resah, begitu juga banyak keluarga yang berada di luar Tanah Karo menjadi bertanya-tanya tentang kebenaran info tersebut.

Di akun tersebut juga disertakan gambar korban, yang setelah ditelusuri ternya foto korban tersebut merupakan gambar korban erupsi empat tahun lalu.

Banyak pihak yang mempercayai kebenaran berita hoax tersebut. Setelah dipertanyakan dengan beberapa pihak termaksud Dansatgas Gunung Api Sinabung serta pihak PVMBG dan beberapa pihak berkepentingan lainnya menyatakan tidak ada korban jiwa.

Untuk menindaklanjuti berita hoax yang sempat meresahkan itu, maka persoalannya pun diserahkan ke Polres Taneh Karo untuk menindaklanjuti serta menangkap pelaku pemilik akun.

Hal tersebut dikatakan Drs Jhonson Tarigan yang bertugas di Kominfo Kabupaten Karo, Rabu (21/2) sekira pukul 17:30 WIB didampingi Kabid Humas dan Protokol Pemkab Karo Drs Djoko Sujarwanto seusai membuat laporan pengaduan di Polres Karo dengan bukti STPL/171/II/2018/SU/Res T.Karo.

Menurutnya, terkait adanya penyebaran berita bohong dan menyesatkan yang diunggah pada, Selasa (20/2) sekira pukul 17.43 WIB membuat warga menjadi resah karena di postingan itu juga disertakan foto korban, padahal korban jiwa tidak ada sama sekali.

Atas adanya berita menyesatkan itu, Pemkab Karo menjadi korban sehingga membuat laporan pengaduan ke Polisi “Persoalan ini kita serahkan saja ke Polisi. Sedangkan pengguna akun tersebut tertulis bernama Mhd Ricky Arfandi, yang dalam postingan ditulisnya, Korban Bencana Sinabung Semalam mengerikan Gusy,’’ ujarnya.

Beberapa warga juga mengatakkan agar kasus tersebut cepat diusut karena sempat meresahkan warga Tanah karo maupun keluarga yang berada di luar tanah Karo. Sebab mereka mengira benar adanya kejadian tersebut, kiranya Polisi dapat mengungkap pelakunya.

Ayu Ramadhani warga Kabanjahe juga mengharapkan agar si pelaku penyebar berita hoax segera ditangkap. “Sempat kudengar berita kalau ada korban Letusan Sinabung yang meninggal. Langsung panik kali kami, kebetulan orang tuaku serta saudaraku juga tinggal di Kecamatan Terdampakabu kemarin,” tandas Ayu.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article