Pelaksanaan PPKM Mikro, Kodim 0109 Aceh Singkil Gelar Rakor Bersama Forkopimda

0
53
Pelaksanaan PPKM Mikro, Kodim 0109 Aceh Singkil Gelar Rakor Bersama Forkopimda
Kodim 0109 Aceh Singkil menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dilaksanakannya PPKM Mikro ditingkat desa yang ada di Aceh Singkil. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Teuku Umar Makodim, dan turut dihadiri Kapolres Aceh Singkil, AKBP Mike Hardy Wirapraja, Kepala SKPK, para Camat, tim kesehatan Aceh Singkil dan undangan lainnya, Kamis (29/04/2021).

ACEH SINGKIL – Pemerintah kembali menggunakan istilah baru untuk memberlakukan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat, yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro atau PPKM Mikro.

Terkait itu, Kodim 0109 Aceh Singkil menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dilaksanakannya PPKM Mikro ditingkat desa yang ada di Aceh Singkil. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Teuku Umar Makodim, dan turut dihadiri Kapolres Aceh Singkil, AKBP Mike Hardy Wirapraja, Kepala SKPK, para Camat, tim kesehatan Aceh Singkil dan undangan lainnya, Kamis (29/04/2021).

“Kita melaksanakan Rakor tentang pembentukan Posko PPKM Mikro ditingkat desa, termasuk penanganan Covid-19 secara umum di Kabupaten Aceh Singkil,” kata Dandim 0109 Aceh Singkil, Letkol CZI Yudho Widiharto.

“PPKM Mikro ini dilaksanakan ditingkat masyarakat sesuai dengan arahan Presiden, ditingkat desa dan dibentuk Posko PPKM yang fungsinya adalah melaksanakan kegiatan pencegahan, penindakan maupun 3T (Tracing, Testing dan Treatment) terhadap adanya Covid-19 didesa-desa, sehingga mengontrol seluruh aktivitas kegiatan masyarakat melaksanakan sosialisasi tentang 3M tersebut,” lanjut Yudho Widiharto kepada wartawan, usai acara.

Yudho juga menyinggung, soal melaksanakan Tracing, Testing dan Treatment, yaitu bersedia melakukan testing atau pengecekan melalui rapid test dan test swab jika diperlukan, serta membuka diri terhadap proses tracking atau penelusuran kontak kasus positif, dan menjalani treatment atau perawatan dengan benar apabila merasakan gejala Covid-19.

“Dengan 3T, orang yang tertular Covid-19, baik mengalami gejala maupun tidak, bisa segera diisolasi. Kemudian, perawatan akan dilakukan apabila seseorang positif Covid-19. Jika ditemukan tidak ada gejala, maka orang tersebut harus melakukan isolasi mandiri di fasilitasi yang sudah ditunjuk pemerintah,” tandas Dandim.

Dandim menambahkan, jika orang tersebut menunjukkan gejala, maka para petugas kesehatan akan memberikan perawatan di rumah sakit yang sudah ditunjuk pemerintah.

Dandim melanjutkan, pelaksanaan PPKM Mikro ditingkat desa sudah berjalan. Ia juga berharap dengan adanya Rakor tersebut bisa menertibkan kembali atau terorganisir kembali sehingga pelaksanaannya bisa optimal.

“Termasuk unsur pimpinan desa ikut terlibat, Bhabin Kamtibmas, Babinsa dan Tenaga Kesehatan juga ada ditempat disitu,” ujarnya lagi.

“Saya mengimbau kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Aceh Singkil, saat ini kecenderungan penegakan Covid-19 tingkat positifnya meningkat,” tukasnya.

Laporan : Ramail III Editor : Donni

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article