Pejabat Struktural Harus Berani Ambil Keputusan

0
140

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Seorang pejabat struktural dalam pemerintahan tentu harus mampu bersikap dan berani mengambil keputusan dalam mengemban amanah dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinannya.

Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Prabumulih, H Richard Cahyadi secara gamblang menginginkan seluruh pejabat di bawahnya bisa memahami jika dalam pemerintahan yang baik (good governance) ada jenjang hirarki yang harus dijalankan. Hal itu disampaikan usai melantik beberapa pejabat struktural di Gedung Kesenian Rumdin, Rabu (16/5).

“Sudah menjadi rahasia umum apabila persoalan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih adalah soal pengambilan keputusan dari hal kecil sampai hal besar, itu harus Wali Kota (Wako),” keluhnya setelah melakukan pengamatan selama menjadi Pjs dalam kurun waktu tiga bulan lalu.

Dilanjutkan, ada tingkatan, mana keputusan yang harus diambil oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau pejabat di bawahnya yang tidak harus diputuskan oleh Wako.

“Makanya, saya menekankan OPD harus mampu bertindak dan bersikap dalam hal apapun dan mengambil keputusan yang menjadi tanggung jawab mereka,” tegasnya.

Namun, jika memang itu bersifat prinsipil, silakan berkoordinasi kepada pejabat struktural yang berada di atasnya seperti para Asisten dan Sekda yang merupakan partner kerja mereka. Setelah itu, baru ke tingkat tertinggi pengambil keputusan yaitu Wako.

“Tidak serta merta seluruh keputusan di OPD itu diambil alih oleh Wako. Ada jenjang hirarki, itulah gunanya ada struktur hirarki di dalam tata kelola pemerintahan. Good governance itu intinya di soal itu, ada yang membidangi, lapornya mesti kemana,” lanjutnya.

Untuk mencapai harapan tersebut, Richard dengan optimis memberikan kepercayaan penuh kepada kepala OPD yang sebelumnya jarang terjadi. “Kami berikan kepercayaan penuh kepada OPD ataupun pejabat struktural yang memang membidanginya. Kalau tidak diberikan kepercayaan, kenapa mereka diberi tanggung jawab sebagai kepala OPD,” cetusnya.

Dirinya yakin bahwa dengan diberikan tanggung jawab, mereka akan berpikir bagaimana bertindak, berbuat, dan membuat nama mereka lebih baik dan makin dipercaya oleh siapa pun yang nantinya akan memimpin Kota Prabumulih. Hal itu juga akan membantu pimpinan dalam bertindak.

“Kalau soal kinerja, sebenarnya para kepala OPD itu mampu dan berkompeten di dalam bidangnya. Tetapi, mungkin sistem yang berlaku selama ini harus diubah, kepercayaan penuh harus diberikan kepada mereka,” pungkasnya.

Laporan          : Irfan

Editor/Posting : Imam Ghazali