Pegawai Pertamina Berikan Pendidikan di 2 SD Prabumulih

0
279

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Dalam memberikan kepeduliannya di dunia pendidikan, puluhan volunteer insan Pertamina Asset 2 Kota Prabumulih, melaksanakan program sehari mengajar pendidikan, Senin (27/8/2028). Kegiatan dilaksanakan di Dusun II Talang Batu, Kecamatan Rambang Kapak Tengah Kota Prabumulih.

Hal ini dilakukan agar anak didik bisa berkomunikasi dengan baik dan benar, karenanya pihak Pertamina Asset 2 Prabumulih, melalui relawan Pertamina terjun langsung ke lapangan untuk memberikan ilmu kepada anak-anak tentang seputar informasi Pertamina.

Program selama sehari tersebut dikemas dalam Pertamina (Persero). Dimana para insan pekerja Pertamina menjadi relawan pendidikan dengan menggantikan peran guru di kelas.

Maka para insan Pertamina ini akan berbagi pengetahuan serta menebar inspirasi dan memperkenalkan berbagai profesi di Pertamina, dan seperti apa yang mereka lakukan dalam menjalankan profesi mereka dengan berbagi cerita inspiratif untuk mengajak anak-anak merangkai mimpi dan cita-cita. Pertamina juga memberikan pengenalan awal tentang lini produk Pertamina kepada peserta didik.

“Seluruh kegiatan dirangkai dengan aktivitas yang menyenangkan dan menarik. Kegiatan diselenggarakan dengan memberikan motivasi melalui interaksi langsung dengan bersentuhan dan berdialog dengan anak-anak,” ujar Tuti Dwi Patmayanti, selaku fasililator PT Pertamina Persero Prabumulih.

Acara yang digelar secara serentak di Indonesia, mulai dari Aceh sampai Papua Irian Jaya, yang kurang lebih ada 63 sekolah. Dan ini dilakukan secara serentak di 17 kabupaten kota wilayah Indonesia.

“Kalau untuk Prabumulih sendiri kita hanya mendapatkan dua sekolah saja, dan sekolah yang kita pilih SDN 61 Dan SDN 76,” tegas ujar Titi sapaan akrabnya saat dibincangi di sela-sela kegiatan.

Materi yang disampaikan antara lain pengenalan hulu migas, tata nilai Pertamina, dan budaya baca. ‘’Diharapkan anak didik ini bisa berkomunikasi dengan baik ketika terjun ke masyarakat,’’ harapnya.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), M Aidi SPdI MSi mengatakan, program PT Pertamina (Persero) sangat baik. Karena, bisa membuka pengetahuan dan wawasan terkait dunia migas.

“Sayang sekali, kalau kegiatan ini tidak diikuti dan dimanfaatkan dengan baik oleh siswa. Apalagi, pengetahuan dan wawasan dunia migas sangat bermanfaat,” cetusnya didampingi Kepala SDN 61, Yusniar SPd.

Aidi menambahkan, kalau program ini hendaknya berkelanjutan. Sehingga, manfaatnya benar-benar dirasakan siswa SD tersebut.

“Semoga kegiatan kepedulian di dunia pendidikan ini, hendaknya rutin dilaksanakan,” bebernya.

Kepala Desa (Kades) Talang Batu, Sahril Kanedi menyebutkan, kalau pertama kalinya kegiatan tersebut menyapa sekolahnya di desanya. Ia pun mengapresiasi program tersebut, karena sangat bagus dan baik.

“Program ini sangat menambah wawasan dan pengetahuan bagi siswa di desa kita, semoga terus berlanjut,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, seluruh kegiatan dirangkai dengan aktivitas yang menyenangkan dan menarik. Kegiatan diselenggarakan dengan memberikan motivasi melalui interaksi langsung dengan bersentuhan dan berdialog dengan anak-anak.

Laporan          : AD
Editor/Posting : Imam Ghazali