Pastikan Stok Daging dan Sapi Kurban Asuh Jelang Idul Fitri, Disbunak OKI Lakukan Pemantauan dan Pemeriksaan Hewan

0
105
Pastikan Stok Daging dan Sapi Kurban Asuh Jelang Idul Fitri, Disbunak OKI Lakukan Pemantauan dan Pemeriksaan Hewan
Guna memastikan ketersediaan daging Sapi selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri 1442 H, Pemkab OKI melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI melakukan pemantauan dan pemeriksaan di sejumlah peternakan sapi, tempat penjualan daging dan tempat pemotongan hewan di Pasar Kayuagung dan Pasar Tugumulyo.

OKI – Guna memastikan ketersediaan daging Sapi selama Ramadan hingga menjelang Idul Fitri 1442 H, Pemkab OKI melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI melakukan pemantauan dan pemeriksaan di sejumlah peternakan sapi, tempat penjualan daging dan tempat pemotongan hewan di Pasar Kayuagung dan Pasar Tugumulyo.

“Nantinya masih tetap cukup tersediakah dan juga bagaimana kualitas ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Sebelumnya kita telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan mulai dari pengecekan ketersediaan sapi di kandang, tempat pemotongan hewan sampai tempat-tempat penjualan daging yang ada di pasar Kayuagung, maupun di Pasar Tugumulyo,” terang Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI, Aris Panani SP MSi, saat diwawancarai awak media ini, di Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI, Selasa  (27/4).

Lanjutnya, hal itu dilakukan oleh tim bertujuan guna memastikan ketersediaan daging sapi, daging ayam dan telur di Kabupaten OKI dan memastikan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen. “Sekaligus mencegah beredarnya daging ayam tiren dan daging sapi oplosan yang dapat merugikan kesehatan masyarakat yang mengonsumsi produk hewan tersebut,” ujarnya.

Menurut Aris, dari hasil pemeriksaan di kecamatan Kayuagung, ketersediaan sapi diperkirakan cukup untuk memenuhi permintaan konsumen terhadap daging sapi hingga menjelang Idul Fitri mendatang.

Di samping itu, ia juga menyebutkan, kegiatan pemantauan dan pemeriksaan dilakukan untuk mengawasi dan mengontrol ketersediaan produk pangan asal hewan yang layak dikonsumsi, serta mengantisipasi untuk hewan kurban pada Hari Raya Idul Fitri nanti apakah layak dijadikan hewan kurban atau tidak.

“Untuk mengantisipasi hewan kurban apakah layak atau tidak dijadikan hewan kurban, kita akan melakukan pengecekan fisik hewan kurban itu, mulai dari kulitnya cacat atau tidak, begitu juga gigi hewan yang akan dijadikan hewan kurban, jangan sampai hewan kurbannya cacat. Tentunya juga harus memenuhi prinsip aman, sehat, utuh dan halal (Asuh). Tujuannya tidak lain agar masyarakat mendapatkan hewan kurban yang sehat dan cukup sesuai syariat islam,” pungkasnya.

Laporan : Aliaman III Editor : Donni