PASLON TAK PATUHI ZONA KAMPANYE BAKAL DIBUBARKAN

0
76

Sumateranews.co.id, LAHAT– Guna menjaga ketertiban selama masa kampanye, Panwaslu Kabupaten Lahat mengimbau agar seluruh paslon dan tim kemenangan untuk tidak melakukan jadwal kampanye di luar waktu dan zona yang telah ditetapkan oleh KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Lahat. Bagi paslon atau tim kemenangan yang melanggar maka aktivitas kampanye di luar jadwal dan zona akan dibubarkan karena berpotensi menimbulkan konflik.

Komisioner Panwaslu Kabupaten Lahat Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Andra Juarsyah, SPdI MSi mengatakan, agar tidak terjadi kericuhan dan hal yang tidak diinginkan selama masa kampanye, maka diimbau kepada seluruh paslon melalui tim kampanye dan tim pemenangnya masing-masing agar mematuhi jadwal dan zona kampanye yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk menghindari konflik dan protes berlebih dari oknum masyarakat atau timses lainnya akibat aktivitas yang tidak mematuhi aturan main.
“Jika semua paslon mengikuti aturan main yang telah ditetapkan KPU, maka pilkada akan berjalan lancar dan damai. Untuk itu hal ini harus benar – benar dipatuhi,” tegasnya.

Menurut Andra, pihaknya juga mengimbau setiap paslon menertibkan alat peraga kampanye (APK) yang sudah terpasang karena sudah memasuki masa kampanye. Dan, selama masa kampanye, APK yang resmi hanya berasal dari KPUD Lahat. Karena itu, setiap paslon tidak diperbolehkan memasang sendiri APK seperti baliho, poster atau spanduk. Apalagi, berdasarkan PKPU Nomor 4 Tahun 2017, APK yang disiapkan KPU berupa selebaran, brosur, baliho, pamflet. Sementara APK yang boleh disiapkan para paslon berupa pakaian, penutup kepala, alat minum, kalender, kartu nama, pin, alat tulis, payung dan stiker paling besar 10 x 5 cm.

“Yang jelas, semua yang kami sampaikan ini sesuai dengan petunjuk serta aturan yang berlaku. Panwaslu melalui jajarannya sampai ke tingkat pengawas desa/kelurahan akan selalu melakukan pengawasan dengan ketat dan jelih, tanpa tebang pilih,” pungkas Andra.

Laporan : Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article