Pasien Keluhkan Pelayanan Kesehatan

0
341

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM-  Sering terjadi para keluarga dan pasien BPJS mengeluhkan pelayanan kesehatan yang mereka diterima.

Hal itu yang diduga terjadi pada Mila (50) dan keluarganya yang mengeluhkan pelayanan kesehatan BPJS yang mereka terima. Semula Mila (50) pasien penyakit liver/kuning warga Desa Arahan Kabupaten Lahat dirawat di Puskesmas Kecamatan Merapi Timur, tapi karena tak adanya perubahan, lalu dr Rheni yang juga Kepala Puskesmas merujuk ke RSUD HM Rabain Muara Enim tanggal  28-12-2017 lalu.

“Pasien tersebut yang sebelumnya sudah 2 minggu perawatan serta pengobatan dengan dr Rheni tidak membuahkan hasil malah pasien bertambah parah penyakitnya justru mengatakan penyakit maag. Di RSUD HM RABAIN, Mila  ditangani langsung dr H Muhammad Mukti SpPD spesialis penyakit bedah/dalam. Mila (50) yang ditempatkan di lantai 4 Kamar Gelatik II. Sudah 5 hari dirawat di RSUD M Rabain belum kunjung sembuh lantaran tidak ada perubahan terhadap penyakit yang dideritanya,’’ ujar Hajar, keluarga pasien, Rabu (3-01-2018).

‘’Kami memang memakai BPJS tetapi pelayanan kesehatan/pengobatannya harus tetap disamakan. Kalau kurang diperhatikan bagaimana nasib keluarga kami yang saat ini menderita tidak sadarkan diri dan disesalkan lagi diduga tabung oksigen sudah tidak terisi lagi. Baru kemarin juga diberikannya selang untuk makan padahal sudah 2 hari adik saya ini tidak sadarkan diri. Dokter pun hanya mengecek keadaannya dan memberikan saran/mengontrol pasien sakit saja tetapi lakukanlah pengobatan terbaik buat pasien yang menggunakan BPJS tetapi mana bisa lagi adik saya sudah  meninggal kan kami semalam,’’ tambah  Hajar, sedih.

Saat dikonfirmasi, dr Muhammad Mukti Sp PD melalui perawat di kantornya mengatakan bahwa pasien bernama Mila tersebut sebelumnya dirujuk ke RSMH Palembang. “Itu juga jika keluarga pasien menyetujui untuk dirujuk ke Palembang. Bila keluarga pasien tidak setuju untuk dirujuk  lagi tetap kita lakukan perawatan dan pengobatan lebih lanjut. Tetapi pasien sudah menghembuskan nafas terahir jam 22.00 WIB semalam di rumah sakit,’’ tegas si perawat.

Laporan          : Saputra

Editor/Posting : Imam Ghazali