Pasca Libur Lebaran, Kantor Disdukcapil Ramai Dikunjungi Warga Buat KTP

0
198

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Kantor Dinas Penduduk dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Prabumulih, Selasa (04/07) ramai dikunjungi warga yang hendak mengurus keperluan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan administrasi kependudukan lainnya.
Bahkan untuk mengantisipasi terjadinya antrian panjang dan melayani keperluan warga dalam pembuatan KTP pihak Disdukcapil telah menyiagakan petugas serta menyiapkan kurang lebih 3000 blangko KTP.
Kepala Disdukcapil M Efendi melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Yudi Apriadi mengatakan, ramainya jumlah warga yang mengurus KTP lantaran kantor Disdukcapil tutup selama libur nasional. 
“Kita sudah antisipasi dengan menyiapkan sebanyak 3000 blangko KTP. Dalam sehari pihaknya melayani pembuatan KTP mencapai 100 lembar. Hanya saja untuk proses cetak KTP cukup memakan waktu lantaran terkendala minimnya mesin cetak KTP,” ungkapnya.
Yudi menjelaskan, tidak hanya melayani pencetakan KTP sebagian besar warga juga banyak yang mengurus akte kelahiran. “Apalagi memasuki tahun ajaran baru ini, akte kelahiran diperlukan untuk penerimaan siswa baru,” jelasnya.
Terpisah, Joko (35) salah satu pengunjung mengaku membutuhkan KTP untuk keperluan melamar pekerjaan. Menurutnya, dirinya sempat menunggu hampir tiga bulan untuk mendapatkan KTP karena blangko habis.
“Untungnya ada KTP sementara, karena blangkonya sudah ada makanya cepat-cepat datang untuk mencetak KTP. Takutnya nanti kehabisan blangko malah tambah lama dapat KTP,” pungkasnya. 
Laporan : Donny