HeadlineKasus & PeristiwaMuara Enim

Pasca Banjir Bandang di Desa Ujanmas Baru, Inventarisir: 5 Rumah Rusak Berat, 102 Rumah Terendam Banjir   

MUARA ENIMSetelah melakukan inventarisir serta pengecekan langsung oleh Pemerintah Desa Ujanmas Baru Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan, pasca banjir bandang melanda Desa Ujanmas Baru,  Jum’at (30/10/2020)  terdapat 5 (lima) rumah yang mengalami rusak berat dan 102 Unit rumah ikut terkena banjir.

“Setelah kita inventarisir tedapat 107 KK yang terkena korban banjir bandang yang disebabkan oleh aliran anak Sungai Mampur ini dengan rincian lima Unit rumah alami rusak berat dan 102 rumah terendam air bah terebut,” ungkap Sekdes Ujanmas Baru Joni Anwar,  DH pada media ini.

Diketahui sebelumnya banjir bandang yang disebabkan oleh curah hujan yang cukup lebat mengguyur wilayah Kabupaten Muara Enim menyebabkan sejumlah rumah di desa Ujanmas Baru Kecamatan Ujanmas Kabupaten Muara Enim hanyut terbawa arus, Jum’at (30/10/2020).

Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Muara Enim sejak pukul 12.00 Wib ini menyebabkan aliran anak sungai Mapur di dusun VI desa Ujanmas Baru tidak mampu menampung air curah hujan yang cukup lebat tersebut hingga menyebabkan air meluap ke pemukiman warga di dusun VI desa Ujanmas baru kecamatan Ujanmas. Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan.

Banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 01.30 Wib dini hari, Jum’at (30/10/2020) mengakibatkan tiga unit rumah warga roboh yaitu rumah milik Pak De Yudi, Adi Alman, dan Nurlena.

Sali warga Dusun VI Desa Ujanmas Baru yang juga menjadi korban banjir tersebut mengungkapkan sejumlah barang yang mereka miliki tidak bisa diselamatkan dan sampai saat ini air masih menggenangi rumah warga.

“Kejadiannya sekitar pukul 01.30 Wib dini hari dengan ketinggian air mencapai 1,5 meter didalam rumah. Akibatnya barang barang yang ada di dalam rumah dari parabot rumah tangga, pakaian, bahan pokok, dan juga hewan ternak juga ikut terendam air karena air ini datang secara tiba-tiba,”ungkap Sali pada awak media.

Sementara itu Koordinator Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim Edi Ramlan menerangkan bahwa pihaknya telah menurunkan 10 personil dengan satu perahu karet serta bekerjasama dengan Tim dari BPBD Muara Enim dengan 20 personil dan dua perahu fiber melakukan evakuasi terhadap warga yang menjadi korban banjir.

“Kita mendapat telpon dari warga sekitar pukul 02.00 dini hari dan sekitar pukul 02.15 wib kita tiba di lokasi dan melakukan evakuasi kepada warga diantaranya warga yang terkena stroke satu orang dan ibu-ibu hamil dua orang. Dan saat ini para korban telah dievakuasi ke rumah keluarga korban yang tidak terkena dampak banjir ini,” jelasnya.

Edi menerangkan dari penelusuran mereka terdapat empat rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir ini.

“Ada empat rumah yang amblas bukan karena arus karena pondasinya menjadi gembur oleh terkena arus air sehingga rumah tersebut ikut amblas dan roboh. Namun akibat kejadian ini tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Akibat banjir ini puluhan rumah yang terkena dampak. “Berdasarkan keterangan Camat Ujamas tadi warga yang terdampak mencapai 50 KK,” pungkasnya.

Laporan : King III Editor : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button