Pantau Harga, Kadis Perdagangan Cek Pasar

0
171

Sumateranews.co.id, LAHAT – Adanya laporan yang diterima tentang masih belum stabilnya harga sembako di pasaran, menjadikan Kadis Perdagangan Lahat Fikriansyah dan stafnya pun langsung turun ke lapangan guna mengecek kebenarannya, Rabu (27/7).

Di Pasar PTM Lahat, ternyata ada beberapa barang yang masih tinggi. Garam misalnya kini seharga Rp 16.000/kg, sedangkan untuk ukuran kecil Rp 9.000. ‘’Jadi kalau kita lihat, rata-rata kenaikan garam 3 kali lipat dari harga biasanya,’’ ujar Fikri.

Selain itu, harga asam jawa juga masih mengalami kenaikan. Yakni dari harga Rp 60 ribu kini menjadi Rp 150 ribu/lima kilo.

Menurut salah pemilik Toko Sepakat di Pasar PTM, Alek. Naiknya harga garam berimbas pada tingginya harga ikan asin di pasaran. ‘’Namun mudah-mudahan harga garam dapat turun karena sudah masuk ke Lahat sekitar 10 ton/minggu. Penyebab tingginya harga garam kemungkinan keterlambatan barang dating sehingga langka di pasaran, jadi harganya pun jadi naik,’’ cetus Alek.

Bagaimana dengan harga lainnya? Untuk harga daging sapi sekarang Rp 130 ribu/kg, tulang Rp 80 ribu. ‘’Kita harapkan, semua harga sembako nanti menjelang Hari Raya Idul Adha nanti dapat stabil, sehingga masyarakat tidak susah,’’ tandas Fikri.

Laporan : Novita

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article