Pansus Tulung Agung Kunker ke BPR

0
162

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Sebanyak 12 orang Anggota DPRD dari pansus 3 tulung agung dan 10 orang dari tim asistensi mitra kerja dari Pemda Tulung Agung melakukan kunjungan kerja  (kunker) ke Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palembang. Kunker berlangsung 3 hari ini karena BPR Palembang dinilai berhasil meningkatkan aset dan laba dalam waktu singkat, Rabu (25/04/2018).

H Abdul Wahid Syukur Komisaris Utama Bank BPR Palembang mengatakan,  BPR Palembang baru 2 tahun berdiri sudah mulai terasa keberadaannya. “Kita berdiri 2016. Total aset kami Rp 105 miliar. Penyaluran kredit Rp 54 miliar dan dana pihak ketiga Rp 55 miliar,” ujarnya dalam acara kunker DPRD Kabupaten Tulungagung Jatim di Kantor BPR Palembang.

Wahid mengungkapkan, awal berdiri memang rugi. Namun pada akhir 2017  memperoleh laba Rp 1 miliar 6 juta. Pada 2018 triwulan pertama laba yang diperoleh Rp 275 juta.

Lebih lanjut Wahid mengungkapkan, kalau modal kurang Rp 50 milyar, direksi boleh 2 orang. Kalau modal di atas Rp 50 milyar sudah boleh 3 direksi. Peraturan OJK, salah satunya membawahi direktur kepatuhan. Namun tidak boleh terlibat dalam penghimpunan dana.

Produk unggulan kredit multiguna, bisa digunakan untuk apa saja. Punya penghasilam tapi sanggup bayar tiap bulan. Kemudian kredit PNS. Kredit UKM tanpa bunga,.

Wahid menuturkan, dari modal Rp 25 milyar. Ada Rp 13 milyar tambahan untuk modal. Jadi totalnya Rp 38 milyar.

BPR menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya ke masyarakat. Suku bunga kita lebih tinggi dibandingkan bank umum.

Ketua Pansus III DPRD Tulungagung Heru Santoso mengatakan, ingin mendorong BPR Tulungagung bisa berdaya, bisa berdaya saing. “BPR Tulungagung berdiri 1993. Dengan modal Rp 26 milyar. Aset kita 150 milyar ini sudah 25 tahun dan laba Rp 4 milyar. Jalan BPR Palembang lariya cepat. Makanya kita ingin belajar dengan BPR Palembang. Kita mencari ilmu tambahan. Kinerjanya sama, kreativitasnya beda-beda. Kok bisa cepat larinya BPR Palembang ini,” tandasnya.

Laporan          : Wiwin

Editor/Posting : Imam Ghazali