Pansus DPRD Prabumulih Setujui Bahas Raperda SOTK jadi Perda

0
322

PRABUMULIH – Sempatkan ditunda seminggu pengesahan pembahasan Raperda Struktur Organisasi Tata Kelola (SOTK) diajukan Pemerintah kota (Pemkot).

Akhirnya, Panitia Khusus (Pansus) menyetujui pembahasan Raperda SOTK menjadi Perda. Hal itu terungkap dalam sidang paripurna, dan ditandai dengan penandatangan oleh Pimpinan DPRD dan Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, Rabu (21/7/2021).

“Pansus telah menyetujui Raperda SOTK akhirnya disahkan menjadi Perda,” ujar Ketua DPRD, Sutarno SE.

Sutarno berharap, dengan diterbitkannya Raperda SOTK ini agar segera terbentuk Dinas Perikanan. Selanjutnya, dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov). sehingga dapat mendukung program seribu bioflok yang direncanakan Pemkot dan dipusatkan di Kelurahan Payuputat.

“Sejumlah saran Pansus, harus diperhatikan Pemkot. Salah satunya pembagian merata program bioflok di setiap kelurahan, lalu mendudukam ASN sesuai keahliannya di Dinas Perikanan,” terangnya.

Sehingga, sambung Tarno, tujuan terbentuknya Dinas Perikanan bisa berjalan dengan optimal. Serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendukung program pembangunan kota ini. “Tidak hanya sentra pembibitan lele,sebagai sentra pembuatan abon dan ikan salak. dan ada juga komoditi lainya guna menunjang program bioflok itu,” ucapnya.

Sementara i5u, Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM mengucapkan terima kasih atas support Pansus DPRD dalam penyusunan Raperda SOTK tersebut.

“Karena, sebagai landasan terbentuknya pemekaran OPD. Sehingga, terbentuknya Dinas Perikanan di lingkungan Pemkot,” ujarnya.

Ridho menambahkan, agar program seribu bioflok dalam rangka mengoptimalkan sektor perikanan segera bisa berjalan setelah adanya Raperda SOTK tersebut.

“Nantinya, pengembangan bioflok dipusatkan di Payuputat dan ada pembuatan pakan,” tukasnya.(Adv/Heru)

Editor : Donni