Uncategorized

PANGDAM PIMPIN UPACARA HARI JUANG KARTIKA

Sumateranews.co.id, PALEMBANG-Kodam II/Swj menggelar Upacara Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) Ke-72 tahun 2017, yang dipusatkan di Lapangan Stadion Garuda Sriwijaya (SGS) Jasdam II/Swj Km. 9 Palembang, Jum’at (15/12/2017), pukul 08.00 WIB.

Upacara Hari Juang Kartika (HJK) tahun ini, diikuti ribuan peserta upacara yang terbagi dalam 4 Batalyon upacara, yang terdiri dari 1 Batalyon gabungan tanpa senjata terdiri Barisan Pamen, Pama, Kowad, Bintara dan Tamtama. 1 Batayon Upacara gabungan yang merupakan batalyon bersenjata, terdiri dari barisan Pomdam II/Swj, Gultor Yonif Raider 200/BN, barisan Yonif Raider 200/BN, barisan Yonarmed 15/105 Tarik, Yonzipur 2/SG, Yonarhanud 12/SBP, Yonzikon 12/KJ. Selanjutnya 1 batalyon gabungan bersenjata terdiri dari barisan Yonkav 5/DPC, Brimob Polda Sumsel dan Dalmas Polda Sumsel, ditambah barisan tanpa senjata terdiri dari, barisan Satpol PP Provinsi Sumsel, Damkar Provinsi Sumsel, PNS Putra dan PNS Putri Garnizun Palembang. Dan 1 Batalyon gabungan, Akper Kesdam II/Swj, FKPPI, PPM  dan barisan Pelajar.

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono, dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangdam II/Swj Mayjen TNI A.M. Putranto, S. Sos., saat memimpin upacara peringatan Hari Juang Kartika, mengajak seluruh prajurit, PNS dan Keluarga Besar TNI AD untuk menundukkan kepala sejenak, mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu yang telah melahirkan serta membesarkan TNI Angkatan Darat, seraya berdoa semoga amal bakti dan perjuangannya diterima dan dicatat sebagai amal ibadah oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Penghormatan dan penghargaan yang tinggi juga  disampaikan kepada para sesepuh dan senior, baik yang dapat hadir maupun tidak, yang telah memberikan dharma baktinya demi kejayaan TNI, Bangsa dan Negara hingga saat ini.

Kasad juga mengisahkan bahwa, tepat 72 tahun yang lalu, para pendahulu telah menorehkan catatan yang sangat penting dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, yaitu peristiwa yang dikenal sebagai Palagan Ambarawa, meski dengan senjata dan perlengkapan yang sangat sederhana, kesatuan-kesatuan Tentara Keamanan Rakyat (TKR), yang merupakan cikal bakal TNI, bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang dengan memukul mundur tentara Sekutu yang memiliki persenjataan dan kemampuan taktik serta strategi perang yang jauh lebih modern di masa itu. “Palagan Ambarawa adalah simbol kemanunggalan TNI AD dan rakyat Indonesia,” tandasnya.

Disampaikan juga bahwa, hubungan antara TNI AD dan rakyat bukanlah sebatas hubungan profesionalitas belaka, namun lebih dari itu, TNI AD memiliki hubungan biologis dengan rakyat Indonesia karena dilahirkan dari rakyat sehingga senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat, sebaliknya rakyat adalah pendukung dan penguat perjuangan TNI AD dalam setiap tugas yang diemban. Kondisi ini tersirat dalam tema yang ditetapkan pada Hari Juang Kartika tahun 2017 yaitu “MANUNGGAL DENGAN RAKYAT, TNI AD KUAT”.

Selain diisi dengan Atraksi Bela Diri Militer (BDM) Yong Moo Do yang dilakukan para Prajurit Kodam II/Swj, peringatan hari lahir TNI AD ini, juga diselingi dengan pagelaran Sosio Drama Kolosal yang berjudul “Api Juang Dari Ambarawa”,.yang disutradarai oleh Kamsul Arifuddin Yasaman.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI A.M. Putranto, S. Sos., didampingi Ketua Persit KCK PD II/Swj Ny. Annies Putranto, menyerahkan bingkisan berupa sembako secara simbolis kepada para Warakawuri, Veteran dan Anak-anak Panti Asuhan.

Hadir pada kesempatan tersebut Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnaen, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H., Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, para pejabat Teras Kodam, Para Kabalakdam II/Swj, Para Dansat jajaran Kodam II/Swj, Unsur FKPD Provonsi Sumsel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Sumsel, Organisasi Massa, awak media dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Sumber           : Pendam II

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button