Pangdam II/SWJ Lantik 340 Prajurit Tamtama

605

Sumateranews.co.id, LAHAT  – Sebanyak 340 Tamtama PK TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua (Prada) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., pada Sabtu pagi (7/9/2019) pukul 09.00 WIB.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier (PK) TNI AD Gelombang I TA. 2019 ini, digelar di  Lapangan Secata Rindam II/Swj Putang – Lahat. Bertindak selaku Komandan Upacara (Danup), Letkol Inf Enrico Setio Nugroho, S. Sos., M. Tr (Han), yang sehari-harinya menjabat sebagai Komandan Secaba Rindam II/Swj.
Dalam kegiatan tersebut, Pangdam II/Swj juga menyematkan tanda pangkat Prada dan menyerahkan ijazah kepada perwakilan prajurit Tamtama. Selain itu Pangdam juga memberikan tanda penghargaan kepada mantan siswa Tamtama yang berprestasi, yakni Prada Johar Fuadi, kelahiran _Tanggamus_, 9 Februari 1998, putra dari Bapak Nasirun dan Ibu Kustiningsih.
Dalam sambutannya Pangdam II/Swj mengucapkan selamat kepada para mantan Prajurit Siswa Tamtama PK, masing-masing beserta keluarga atas keberhasilannya selama 5 bulan dalam menyelesaikan pendidikan di Rindam II/Swj.
“Selamat atas keberhasilan para mantan siswa Tamtama, yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan Tahap – I dan dilantik menjadi prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua (Prada)”, kata Pangdam.
“Semoga keberhasilan ini menjadi sumber motivasi dalam melanjutkan Pendidikan Kecabangan masing-masing”, ucapnya lagi.
Pangdam juga mengatakan, prosesi pelantikan tersebut sekaligus merupakan simbol perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit, sehingga membawa konsekuensi logis terhadap sikap dan perilaku sebagai prajurit TNI AD. Perubahan status ini harus dibarengi dengan perubahan sikap mental, mindset dan perilaku sebagaimana keharusan seorang prajurit TNI AD.
“Kalian telah terikat dan diikat oleh aturan disiplin militer. Hidup dan kehidupan kalian juga telah diatur oleh berbagai norma dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD, seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI”, ungkap Pangdam.
“Jadilah Prajurit yang selalu mencintai dan dicintai rakyat, hindari sikap dan perilaku yang dapat merugikan diri sendiri, merusak citra satuan dan menyakiti hati rakyat”, tegasnya.
Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Danrindam II/Swj beserta Staf, para Gumil, Pembina dan Pelatih, atas kesungguhan dan dedikasinya dalam menyelenggarakan Dikmata PK TNI AD Gelombang I TA. 2019, sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai rencana.
Masih dalam rangkaian kegiatan upacara pelantikan tersebut, para mantan siswa Tamtama juga menampilkan demonstrasi kemampuan dan keterampilan militer, seperti, Bongkar pasang senjata, Kolonel Senapan, Ketangkasan Bela Diri Militer Yong Moodo, Senam Balok, Snapling dan simulasi Taktik Tempur (Tikpur) Militer.
Turut hadir pada upacara Pelantikan Tamtama TNI AD ini antara lain, Bupati beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kab. Lahat, Danrindam II/Swj, para Asisten dan Kabalakdam II/Swj, Para Dansadik jajaran Rindam II/Swj dan Ibu-ibu Persit serta para tamu undangan dan keluarga para mantan siswa Tamtama Rindam II/Swj.
Laporan : Pendam II/SWJ / Novhita
Editor.   : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here