PANGDAM II/SWJ HADIRI PERAYAAN CAP GO MEH DI PULAU KEMARO

93

Sumateranedws.co.id, PALEMBANG- Puncak Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Rabu (28/2/2018) malam, berlangsung aman. Ribuan warga keturun Tionghoa membanjiri Pulau Kemaro melakukan sembahyang dan ritual keagamaan sembari berdoa memohon peruntungan dan rezeki.

Selain ramai dipadati oleh ribuan pengunjung dan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri, Perayaan Cap Go Meh di Pulau Komaro tersebut dihadiri juga oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., bersama Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain dan Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Palembang Akhmad Najib (28/2/2018).

Pulau Kemaro sudah dikenal dunia dan menjadi salah satu destinasi wisata religi saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Di Pulau Kemaro terdapat Pagoda sembilan lantai, Kelenteng Dewi Kwan Im, serta Makam Siti Fatimah dan Tan Bun Ann.

Menurut cerita/legenda masyarakat Palembang bahwa, Siti Fatimah dan Tan Bun Ann dianggap sebagai cikal bakal terbentuknya Pulau Kemaro. Siti Fatimah yang merupakan Putri dari Kerajaan Sriwijaya, menjalin asmara dengan Pangeran dari Tiongkok bernama Tan Bun Ann. Namun, kisah cinta itu berakhir tragis. Keduanya tenggelam di Sungai Musi. Kisah cinta keduanya terus dikenang, termasuk dalam perayaan Cap Go Meh.

Sumber : Pendam/Wiwin
Editor/Posting : Imam Ghazali

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here