Pangdam dan Kapolda Sumsel Rapat Tertutup Pengamanan Asian Games

0
193

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs. Zulkarnain Adinegara melakukan rapat tertutup di Ruang Media Center Operasi Among Raga Musi, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang. Rapat tersebut membahas tentang Analisa dan Evaluasi (Anev) dalam rangka Pengamanan Asian Games XVIII 2018 di Palembang.

Dalam rapat itu, hadir pula beberapa pejabat dari TNI / Kodam II/Swj dan Polda Sumsel, seperti, Wakapolda Brigjen Pol Bimo Anggoro Seno, Asintel Kasdam II/Swj, Asops Kasdam II/Swj, Danpomdam II/Swj, Dirintelkam Polda Sumsel, Karoops Polda Sumsel, Dandim Kota Palembang dan Kapolresta Palembang.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menegaskan bahwa dalam rangka mendukung dan mensukseskan kegiatan pesta olahraga Asian Games XVIII 2018, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Asian Games harus Solid.

“Kita menjaga keamanan atau Satgas Pengamanan Asian Games ini kita lakukan secara bersama-sama,” ujar Pangdam, Kamis (16/8).

“Walaupun status kita membantu Kepolisian, khususnya TNI AD termasuk TNI AL dan TNI AU, betul-betul kita solid. Jaga kebersamaan di antara kita dalam bertugas yang sudah terjalin bagus,” tambahnya.

Kepada Satgas yang melaksanakan pengamanan terutama di areal Jakabaring, Pangdam juga telah memerintahkan untuk selalu mewaspadai terhadap hal-hal yang mencurigakan, terutama bagi personel lapis tiga.

“Pagar betis di seluruh lingkaran luar dari JSC (Jakabaring Sport City), di luar pagar didirikan tenda 24 jam, tidur di situ dengan menggunakan pelbed atau matras,” tegasnya.

“Betul-betul diwaspadai dari TNI dan Polda, bagi yang masuk yang bawa tas cek betul-betul dengan cara baik dengan cara sopan, sesuai prosedur,” tuturnya.

Di akhir arahannya, Pangdam juga mengingatkan pada saat kapan penggunaan senjata dilakukan, yang mana harus sesuai dengan Protap (Prosedur Tetap).
“Tidak ada yang menggunakan amunisi tajam, kecuali dalam keadaan darurat, ada perintah dari Dansatgas,” tandasnya.

Untuk diketahui, pihak TNI dan Polri terus melakukan evaluasi pengamanan dalam rangka menghadapi perhelatan Asian Games 2018 di Palembang. Salah satunya dengan menerjunkan ribuan personel gabungan TNI-Polri guna mengamankan dan melancarkan event empat tahunan sekali ini.

Asian Games XVIII Tahun 2018, dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.

Rencananya perhelatan akbar se-Asia ini akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang.

Sumber          : Pendam II
Editor/Posting : Imam Ghazali