Panen Padi Cepat di Kimsel Lahat

0
261

Sumateranews.co.id, LAHAT-  Saat ini cara panen padi yang super cepat telah diterapkan di seputaran Kec Kikim Selatan (Kimsel) Lahat tepatnya di Desa Pagar Jati.  Panen padi yang sarat dengan teknologi modern ini menggunakan alsintan yang populer disebut Combine Havester (Merk Yanmar type 70 besar).

Mesin yang mirip armada amphibi ini memadukan model panen dengan langsung ditheresser (dipirik) atw 2in1. Petani biasa menyebutnya kombin. Hal  ini sangat membantu petani karena keunggulannya dibanding dengan cara manual dan tradisional. Adapun keunggulannya, yaitu cepat, efektif,  efisien waktu, dan tenaga serta hemat biaya panen.

Dodi salah satu operator kombine menjelaskan bahwa mengoperasikan alat ini tidak terlalu sulit. Dan perawatannya sama seperti mobil, hasil kinerja alat ini satu hektar sekitar tiga jam tergantung keadaan medan sawah, jika permukaannya datar tidak banyak plang dan agak kering lebih cepat lagi.

Jam operasinya mulai jam 9 pagi biar tidak terlalu basah dan sehari bisa mencapai 3 hektar atau 9 jam, dengan biaya sekitar 50 ribu rupiah setiap sekarung/sepikul gabah (untuk biaya operasional panen, operator, perawatan mesin dan kas brigade alsin) .

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pertanian Lahat Ir H Agustia Budiman, MM melalui Kabid Produksi Tanaman Pangan`Ahmad Firdaus, SP., MMA didampingi Kasi Serealia Itang Subandi, SP serta Ka UPTD TPH H Zainal Arifin,  SP dan anggota poktan Beringin Jaya Desa Pagar Jati Kimsel turut menyaksikan panen.

Beliau mengatakan ‘’Mesin ini bantuan Pemerintah yang dikelola oleh Brigade Alsintan, bermanfaat dan membantu petani dalam panen. Panennya bisa cepat maka waktu yang dibutuhkan untuk tanam berikutnya menjadi lebih cepat sehingga bisa tercapai Indeks Pertanaman (IP),’’ tandas Agustia.

Laporan             : Novita

Editor/Posting   : Imam Ghazali