PAMSIMAS MENINGKATKAN AIR BERSIH DAN PERILAKU HIDUP SEHAT

0
198

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM- Program Pamsimas merupakan program andalan pemerintah untuk meningkatkan akses aman air minum dan sanitasi pedesaan dan pinggiran perkotaan. Pelaksanaan program Pamsimas tahun 2008- 2012 telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin di pedesaan dan pinggiran kota. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Ir. H. Ahmad Yani Heriyanto MM dalam paparannya membuka Sosialisasi Pamsimas III di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang pada Rabu, (9/8).

Dikatakannya bahwa pedesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses layanan air minum dan sanitasi dapat meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih. “Upaya pemberdayaan masyarakat itu telah meningkatkan partisipasi masyarakat sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam menyediakan dan meningkatkan kualitas pelayanan air minum dan sanitasi,” cetusnya.

Program Pamsimas 3 yang dilaksanakan pada tahun 2016-2019 kelanjutan dari program Pamsimas 1 dan 2 tahun 2018 hingga 2015 merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan yaitu 100% akses air minum dan sanitasi dan sanitasi total berbasis masyarakat serta dalam rangka pencapaian target abses universal pada tahun 2019 di sektor air minum dan sanitasi.

Adapun dasar pelaksanaan undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 lima tahun 2014 tentang percepatan penyediaan air minum dan sanitasi, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2015 tentang rencana pembangunan jangka menengah Nasional tahun 2015 hingga 2019, peraturan daerah Kabupaten Muara Enim nomor 4 tahun 2016 tentang APBD tahun 2017, DP SKPD dinas pekerjaan umum dan penataan ruang Kabupaten Muara Enim tahun 2017 program pengembangan infrastruktur perdesaan.

“Ya Adapun tujuan pelaksanaan sosialisasi Pamsimas 3 adalah untuk menjaring minat masyarakat terhadap program Pamsimas 3 tahun 2018, kedua menjaring minat masyarakat perdesaan dalam keberlanjutan program Pamsimas tahun 2018 serta menjaring minat masyarakat untuk penambahan akses air minum dari rumah ke rumah,’’ tandasnya.

Laporan : Deka Saputra
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre