PALI Masih Aman dari Pil PCC

0
391

Sumateranews.co.id, PALI – Pemberitaan sejumlah pelajar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara yang harus dilarikan ke rumah sakit karena mengonsumsi pil PCC, banyak mengejutkan banyak pihak. Tanpa terkecuali warga Sumsel.
Tapi sebenarnya apa pil PCC? Apakah pil PCC adalah obat terlarang yang membuat kecanduan? Atau Pil PCC adalah jenis narkoba baru seperti flakka?

Pil PCC adalah gabungan obat Paracetamol Carisoprodol dan Caffein yang merupakan obat-obat legal yang telah digunakan dalam dunia medis. Obat ini juga sudah disahkan oleh Kementrian Kesehatan seperti halnya yang disampaikan oleh Ir.H Muzakir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI.

“Pil PCC ini kan legal, tapi oleh orang tertentu yang tentunya tidak bertanggung jawab berkemungkinan menyalahgunakannya dalam hal kepentingan pribadi demi mencari keuntungan. Menyikapi hal itu tentunya kita ketahui dalam setiap obat-obatan pasti mengandung bahan kimia jika dikonsumsi berlebihan dampaknya akan merusak kesehatan bukan malam menyembuhkan dari penyakit,’’ ujar Kadinkes saat dijumpai di kantornya Jalan Merdeka Kelurahan Handayani Mulia.

Menyikapi hal tersebut, Kadinkes mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir agar lebih berhati-hati saat akan membeli ataupun mengonsumsi obat-obatan.

Secara Terpisah Dr. Hj Tri Fitrianti Direktur RSUD Talang Ubi saat dikonfirmasi Selasa (10/10) mengatakan, sejauh ini di RSUD PALI masih aman. ‘’Belum ada pasien masuk karena efek dari PCC itu,’’ cetusnya.

Laporan : Rica Mariska/Anelka
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article