PAGI INI, MOBIL TANKI BBM TERBAKAR

0
361

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM- Mobil tanki penyuplai bahan bakar minyak (BBM) jenis solar milik PT. Satria Bahana Sarana (SBS) terbakar di Tambang Banko Barat, Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Rabu (12/7) pagi.

Berdasarkan informasi yang didapat awak media Sumateranews.co.id dari Suhedi selaku GM UPTE PT. BA, kejadian bermula sewaktu itu mobil tangki BBM dengan tipe Scania tahun 2015 yang dikemudikan Riduan Hendri Situmeang akan melakukan pengisian bahan bakar minyak ke unit yang beroperasi di tambang Bangko Barat Tanjung Enim. Ketika dalam perjalanannya menuju lokasi, unit tersebut di PIT 1 (satu), mobil tanki tersebut mengeluarkan api yang diduga berasal konsleting pada bagian kabel sekitar mesin.

“Tidak ada korban jiwa atas insiden ini, hanya saja sopir mobil tanki BBM tersebut mengalami luka bakar di sekitar tangan. BBM di dalam tangki tidak terbakar, hanya kabin mobil tanki saja yang terbakar,” lanjut Suhedi di ruang kerjanya.

Dia menambahkan, insiden tersebut bukan akibat kelalaian, karena dilihat dari Pemeriksaan Peralatan Harian (P2H) sudah memenuhi Prosedur. Dalam unit mobil memang sudah ada racun api, namun tidak bisa mengatasinya, sehingga api terus berkobar dan memerlukan 2 unit Damkar PT BA untuk memadamkannya.

“Insiden yang terjadi ini sudah dilaporkan ke Kepala Inspektur Tambang Pusat di Jakarta. Dan, tim investigasi akan datang untuk melakukan investigasi lapangan atas insiden ini. Jika ditemukan adanya dugaan kelalaian atau kesengajaan, maka diberikan teguran atau sanksi ke PT SBS,” jelasnya.

Tindakan ke depan atas insiden ini? ‘’Baik ada insiden atau tidak ada insiden, kegiatan metting safety tetap dilakukan terus. Jika adanya kecelakaan, tentunya hal tersebut tidak diharapkan,” tandasnya.

Laporan : Deka Saputra
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article