Pabrik Sweet Potato’s Akan Dibangun di Karo

91

Sumateranews.co.id, SUMUT- Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi Msi, Kadis Pertanian Sarjana STP, MM, Kadis PU PR, Lr.Paten Purba, Kepala DPMD Abel Tarawai Tarigan, Kabag Perekonomian Topan Daniel Ginting, Dkrut PDAM Tirta Malem Arvino Nasution datang menghadiri Diskusi Persadaan Purba Ras Anak Beruna Sejabotabek sekitarnya (01/03), sekitar pukul 16.00 WIB di hotel Sinabung Berastagi.

Dalam diskusi tersebut Ketua Persadaan Purba Ras Anak Beruna Sejabotabek, Lr. Setia Purba memaparkan pemberdayaan petani atau pemilik lahan pertanian belum menjadi prioritas pemerintah baru disentuh disana-sini berupa Subsidi Pupuk sehingga kehidupan petani atau pemilik lahan pertanian masih jauh dari kehidupan layak.

“Nah untuk itu dibutuhkan pioner pioner yang kreatif untuk menfaatkan lahan pertanian yang luasnya sangat terbatas untuk memproduksi hasil pertanian yang khusus sebagai bahan baku untuk industri khusus, sehingga harga hasil pertanian dapat terjamin sudah terlihat dari pengalaman petani kelapa sawit. Sebagian besar petani kelapa sawit menggunakan modal sendiri atau keluarga tanpa bantuan pemerintah berkembang begitu pesat, karena harga pasar kelapa sawit ada jaminannya berupa kondisi international dan amat sulit untuk berspekukasi,” ungkapnya.

“Untuk itu tergugah hati saya atas nama Persadaan Purba ingin membangun industri kecil yatiu Pabrik Sweet Potato’s Starch. Pabrik Sweet Potato’s Starch membutuhkan ubi jalar untuk dijadikan Starch (Tepung) yang merupakan makanan dalam kategori Green Food dengan kadar Fat dan Kolestrol yang sangat sangat rendah,” tambahnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam diskusi tersebut mengatakan, Persadaan Purba Ras Anak Beruna Sejabotabek ingin membantu Kab.Karo dengan menggalakkan menanam ubi jalar bagi petani yang ingin menanam ubi jalar.

Bagi petani sebelum menanam ubi jalar, keuntungannya yaitu dapat berkoordinasi dulu dengan Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna Sejabotabek agar dibuat MoU terkait harganya, dan sistem penanaman hingga pengadaan bibitnya, Sebut Bupati mengutip ucapan Setia Purba Ketua Persadaan Purba Sejabotabek.

Terkait Untuk pembangunan pabrik sweet potatos’s kami Pemkab Karo akan membantu mencari lahan untuk dibangun di Kab. Karo sesuai usulan Persadaan Purba Mergana Ras Anak Beruna Sejabotabek. “Yang penting akan kita bantu mencari lahannya, dan Pemkab Karo berterima kasih kepada Persadaan Purba Ras Anak Beruna Sejabotabek karena telah berkenan menanam modal begitu besar demi kemajuan Tanah Karo,” ujarnya.

Iwan Purba selaku perwakilan wilayah Tanah Karo mengatakan bahwa untuk penanaman ubi jalar disela sela diskusi mengatakan, jika ingin berkonsultasi untuk penanaman hingga penjulan silakan menghubungi kontak person 082160616888. ‘’Maka saya akan jelaskan semuanya, agar paham dan mengerti,” tuturnya.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here