OTT DISDUKCAPIL LAHAT, POLRES TETAPKAN 3 TERSANGKA

0
318

Sumateranews.co.id, LAHAT – Akhirnya Polres Lahat telah menetapkan 3 tersangka dalam OTT di Disdukcapil Lahat pada Selasa (25/7) lalu. Ketiga tersangka tersebut adalah AM, AR, dan IKA. Dua tersangka menjabat sebagai Kasi dan satu orang sebagai staf di Disdukcapil Lahat.

Ketegasan tiga tersangka tersebut diungkap dalam press releas Jumat (28/7) oleh Kapolres Lahat AKBP Roby Karya Adi SIk didampingi Kasat Reskrim AKP Ginanjar SIk dan beserta anggota Pidkor serta Kasubag Pers Polres Lahat AKP Djoko SH.

“Awalnya kita mendapatkan SMS Online lalu dilakukan penyelidikan, hingga petugas berhasil menangkap para oknum yang bermain curang di Disdukcapil Lahat tersebut,” ujar Kapolres Lahat dalam press releasnya.

Kronologis penangkapan, para oknum nakal yang berada di Dinas Dukcapil tersebut, melayangkan SMS kepada masyarakat yang isinya apabila hendak melakukan pengurusan KTP harus membayar Blangko besarannya bervariasi mulai 20 sampai 50 ribu rupiah.

Lalu, Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Ginanjar SIk, dan anggota lainnya pun melakukan penyamaran. Saat di TKP dari 20 meja maka ada tiga meja yang ditemukan Barang Bukti (BB) uang Rp 1.800.000, seluruh berkas pengusulan masyarakat untuk pembuatan KTP, dan ratusan Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih kosong.

“Memang saat kita lakukan OTT pada Selasa (25/7) kemarin, puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) didinas Dukcapil digelandang ke Polres Lahat, guna dimintai keterangan dalam kasus tersebut,” ujar Roby lagi.

“Ketiga oknum yang kita tetapkan sebagai tersangka itu, berdasarkan hasil berita acara pemeriksaan (BAP) yang dilakukan bidang Pidkor. Mereka akan kita jerat Pasal 6 UU Nomor 24 tahun 2013, dengan ancaman hukuan maksimal 6 tahun kurung penjara atau denda sebesar Rp 75 juta,” tandas Kapolres.

Laporan : Novita/Idham

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article