Ormas Dukung Polres Prabumulih Perangi Terorisme

0
151

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Akan menjadi perhatian dunia Oktober mendatang, tentu saja berpotensi terjadinya aksi teror di Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan menjadi tuan rumah pesta olahraga se-Asia. Apalagi, beberapa waktu lalu, Gubernur Sumsel mengatakan jika Kota Prabumulih merupakan salah satu kota penting karena menjadi bumper Kota Palembang.

Menyikapi hal tersebut, dan aksi teror yang beruntun terjadi dalam beberapa hari lalu, beberapa organisasi masyarakat (ormas), menyatakan mendukung sepenuhnya Polres Prabumulih untuk mencegah dan memerangi aksi terorisme.

Wakapolres Prabumulih, Haris Barata SH SIK mengatakan bahwa untuk memerangi aksi terorisme, tentu tidak bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan dan dukungan dari seluruh masyarakat Prabumulih.

“Mari kita bersatu padu, untuk memerangi dan melawan terorisme. Supaya, situasi dan kondisi khususnya di kota ini tetap aman dan kondusif. Tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian, laporkan hal-hal yang mencurigakan khususnya berbau terorisme. Sehingga, bisa dideteksi dini dan antisipasi,” ujarnya saat  penandatanganan dukungan melawan aksi terorisme di Mapolres Prabumulih, Selasa, (15/5).

Lanjutnya, bukan hanya seluruh lapisan masyarakat, Polisi juga membutuhkan dukungan dari TNI “Polres tidak bisa bekerja sendiri dalam memerangi dan memberantas aksi terorisme di NKRI. Kami sangat butuh bantuan semua pihak, termasuk juga TNI sebagai saudara kandung Polri,” ungkapnya.

Sementara, Ketua FKUB, H Usman Djakfar BA dengan tegas mengutuk keras aksi terorisme yang menimbulkan korban luka dan bahkan korban jiwa. Apalagi, kata dia aksi terorisme yang menamakan agama tersebut adalah hal yang salah.

“Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan, tetapi menyerukan kepada kebaikan dan menjauhi kepada kemungkaran,” ujarnya lantang.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya anggota Polri yang menjadi korban aksi terorisme, dan berharap semoga dukungan yang diberikan, mampu memberikan semangat pantang menyerah untuk melawan dan memerangi terorisme.

“Kita berharap aksi terorisme ini disudahi dan ke depannya, tidak ada lagi korban jiwa melayang sia-sia,” harapnya.

Selain itu, H Usman juga berharap  agar masyarakat jangan mudah terprovoksi informasi yang tidak benar dan berujung tindakan anarkis. “Waspadai dan berhati-hati terhadap aksi terorisme di sekitar lingkungan kita,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ormas yang menghadiri penandatanganan dukungan tersebut adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Gunung Ibul, Senkom, Ponpes Darussalam dan Ponpes Al Furqon, Yayasan Islam Terpadu (IT) Islahul Ummah, Nadhatul Ulama (NU), Walubi, Perwakilan Gereja, dan beberapa ormas serta tokoh masyarakat lainnya.

Laporan          : Irfan

Editor/Posting : Imam Ghazali