Ormas dan LSM OI Ikuti Sosialisasi

186

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Puluhan Ormas dan LSM Ogan Ilir mengikuti Sosialisasi Peraturan dan Perundang-undangan Bidang Ormas dan Pemendagri No 57 Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan dan Politik Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (9/11). Kegiatan berlangsung di di RM Selera Jalan Lintas Timur Km 36 Indralaya.

Trisnopilhaq ST MSi selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Ogan Ilir memberikan pemahaman terhadap Ormas dan LSM terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No.57 Tahun 2017 tentang pendaftaran dan pengelolaan sistem informasi Ormas.

Ormas dapat berbentuk Badan Hukum, dan menjadi perhatian diantaranya, ada pengesahan badan hukum dari Kementerian Hukum dan HAM, Ormas berbadan hukum tidak memerlukan SKT, Ormas berbadan hukum, pengurus melaporkan kepada Pemda setempat dengan melampirkan Akte Badan Hukum dan susun kepengurusan di daerah.

Selain itu di katakan Trisnopilhaq, berdasarkan pasal 9—14 tentang tata cara pendaftaran Ormas, pengurus Ormas harus mengajukan permohonan pendaftaran secara tertulis kepada Menteri melalui unit layanan administrasi Kementerian dengan tembusan kepada Kepala Daerah dan permohonan pendaftaran diajukan dan ditanda tangani oleh pendiri dan pengurus Ormas atau pengurus Ormas saja apabila pendirinya berhalangan.

Ormas harus ada pelaporan kegiatan sesuai dengan pasal 39 yaitu Ormas harus menyampaikan laporan 6 bulan sekali di tanda tangani Ketua dan Sekretaris. Laporan di sampaikan kepada Menteri, Gubernur atau Bupati. Dan pasal 40 Ormas harus laporan Nama dan jenis kegiatan, tempat dan waktu kegiatan dan hal-hal lain yang dianggap perlu,” jelasnya.

Laporan           : H. Sanditya Lubis

Editor/Posting  : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here