Oktaf Riady: Adanya UKW Hilangkan Anggapan Wartawan Abal-Abal

39

Sumateranews.co.id, LAHAT – Setelah berkutat melaksanakan uji kompetisi wartawan selama dua hari (21-22) Agustus 2019, sebanyak 30 orang peserta yang mengikuti UKW, 6 diantaranya belum Kompeten atau sekitar 80 % dinyatakan lulus.

Firdaus Komar selaku Ketua PWI Sumsel pada sambutannya mengatakan pelaksanaan UKW ini merupakan suatu proses yang tidak bisa direncanakan, dan memberikan pemahaman tiga hal, yakni 1. kesadaran pemahaman terhadap Etika Hukum Pers; 2. penulisan dan pengetahuan umum; dan 3. Skil (penulisan, pemahaman berita).

“Saat ini fenomena Copas kita hilangkan, diverifikasi dahulu untuk mengambil berita dari orang lain.’’ sebut pria yang akrab disapa Firkom ini.

Menurut dia, dalam dunia jurnalist orang lebih kenal dengan karya tulisan dari pada orangnya. ‘’Untuk itu diharapkan totalitas kewartawanan. Selamat bagi wartawan yang telah kompeten dan yang belum kompeten bisa mengikuti UKW pada bulan September di PTBA. Semoga Pemkab memperhatikan PWI Lahat untuk bersinergi, berkolaborasi, dan berekskusi,” pungkas Firkom.

Sementara itu, Oktaf Riady utusan PWI Pusat memberikan wejangan sekaligus menutup UKW. Beliau mengharapkan dengan semakin sering dilaksanakannya UKW pengurus PWI Sumsel akan banyak mendapatkan penghargaan. ‘’Perhatikan etos kerja wartawan sebab akan menjadikan kita bukan wartawan Abal-Abal. Adanya UKW ini akan menghilangkan anggapan wartawan abal-abal. Seorang wartawan juga harus bergerak cepat dan gesit serta teliti,’’ tandas Oktaf.

Laporan          : Novita/Idham

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here