OI Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Sumsel

0
303

Sumateranews.co.id, INDRALAYA – Pemkab OI siap menjadi tuan rumah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada tahun 2018 mendatang. Hal itu terungkap saat rapat koordinasi Bupati OI HM Ilyas Panji Alam bersama Lembaga Pengembangan Tiwatil Quran (LPTQ) Sumsel dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Sumsel, Selasa (12/9) di Tanjung Senai Indralaya.

Ketua LPTQ Sumsel, KH Nawawi Dencik berencana akan menjadikan Ogan Ilir sebagai tuan rumah MTQ Sumsel 2018 mendatang. ”Sebelumnya pada 2003 lalu Kabupaten OI pernah menjadi tuan rumah MTQ Sumsel dan OI juara umum MTQ Provinsi Sumsel 2015. Apalagi OI adalah Kota Santri, banyak ulama besar di OI, banyak potensi yang dimilik dan OI layak menjadi tuan rumah MTQ Sumsel. Untuk mendukung fasilitas pelaksanaan ada Unsri yang siap membantu,” ujarnya.

Senada dengannya, Karo Kesra Sumsel, Ahmada Nasuhi mengatakan, saat musyawarah daerah LPTQ Sumsel pada 27 Agustus lalu dihasilkan keputusan Musda untuk menetapkan Kabupaten OI menjadi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) karena tidak memiliki agenda politik, sebab STQ ini adalah siar Al Qur’an. ”Namun apabila OI siap menjadi tuan rumah MTQ Sumsel lebih baik secepatnya kita segera persiapkan di OI,” katanya.

Sementara itu Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam mengaku sangat bangga dengan kepercayaan LPTQ Sumsel yang akan ingin melaksanakan MTQ di OI. ”Secara prinsip OI siap menjadi tuan rumah MTQ Sumsel, apalagi biaya akomodasi dibebankan kepada peserta masing-masing Kabupaten, OI hanya menyiapkan arena dan menutupi kekurangan pelaksanaannya. Harapan saya tinggal dimana tempat yang ideal dan tempatnya harus refrensentatif,” ujarnya.
Laporan : H. Sanditya Lubis
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre