NEW DATSUN CROSS DILUNCURKAN DI PALEMBANG

0
230
Masato Nakamura selaku Head of Datsun Indonesia dan Hana Maharani, selaku Head of Communications, PT Nissan Motor Indonesia. (foto: ist)

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Hari ini Selasa (13/3), Datsun memperkenalkan Datsun CROSS di Palembang. Datsun CROSS merupakan compact crossover yang lama dinantikan model ketiga yang diperkenalkan oleh Datsun di Indonesia dan model terbaru keenam di dunia.

Dengan tampilan yang khas, serta beragam fitur teknologi dan keselamatan yang canggih, Datsun CROSS menandai dimulainya fase baru perjalanan Datsun di Indonesia. Datsun CROSS mendapatkan inspirasinya dari gaya hidup pelanggan Datsun yang dinamis di Indonesia, yang mengikuti tren gaya hidup dunia.

Dikembangkan untuk Indonesia, mobil modern ini memperluas pilihan bagi pelanggan, sekaligus menciptakan standar baru di segmen ini dan menjadi flagship baru Datsun. Produk ini memperlihatkan arah masa depan yang akan diambil oleh Datsun seiring dengan langkahnya kedepan melalui peluncuran kendaraan penuh gaya, yang memiliki berbagai tujuan kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai dan dilengkapi dengan teknologi yang ramah terhadap pengendara, yang membuat pelanggan aman dan terhubung.

‘’Menawarkan desain yang dinamis dan sederet teknologi canggih akan membuatnya berbeda,’’ ujar Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia.

Datsun CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru. Datsun CROSS menjadi pilihan baru warga Palembang. Desain dan keserbagunaannya membedakan Datsun CROSS dari yang lain. Mobil ini merupakan jawaban baru yang berani di transportasi pribadi mobil untuk semua gaya hidup dan untuk berbagai tugas.

Dari namanya CROSS, mencerminkan karakter gandanya, melintasi batasan kehidupan sehari-hari dan melakukan tugas-tugas rutin dengan mudah.

Datsun CROSS digerakkan oleh mesin bensin ringan dan tanggap 1,2 liter dengan tenaga 68/78 HP, serta torsi 104 Nm sehingga mendapatkan keseimbangan yang sempurna antara kinerja yang bertenaga dan penghematan bahan bakar.

Mesin ini dikenal tidak saja karena kinerjanya, namun juga keandalannya. Inilah kepercayaan yang sudah dibangun selama beberapa tahun ketika mesin ini dibuat dan digunakan untuk menggerakkan berbagai model Nissan dan Datsun.

Selain varian dengan transmisi manual, Datsun CROSS juga menawarkan X-Tronic CVT (continuously variable transmission). Diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam produk Datsun, teknologi CTV dengan generasi terkini ini semakin meningkatkan kemampuan berkendaraan dan kenyamanan. Selain mudah dikendarai dan pergantian gear-nya lebih halus, sistem transmisi ini juga sangat hemat bahan bakar, menawarkan kinerja yang lebih baik, memiliki sedikit bagian bergerak, dan lebih tahan lama, lebih ringan dan lebih ringkas dari pada gearbox otomatis konvensional.

Datsun CROSS telah diciptakan secara khusus untuk mengatasi berbagai kondisi jalan di Indonesia, dengan body cladding kokoh dan pelindung bawah body untuk melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh lumpur atau pecahan batu. Cladding ini memiliki cat abu-abu metalic dengan sisipan serupa logam dan terlihat kontras dengan warna body sehingga memberikan tampilan macho yang sangat menarik.

Mendukung kemampuan tersebut, Datsun CROSS memiliki ground clearance setinggi 200 milimeter dan roda besar ban berukuran 15 inci, dengan ban yang dibuat dari material karet yang khusus dibuat sehingga memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih ekonomis.

Datsun CROSS juga merupakan satu-satunya kendaraan dikelasnya yang dilengkapi dengan teknologi vehicle dynamic control (VDC) sebagai standar di semua varian. Menggunakan perangkat lunak terkini yang dikendalikan oleh komputer dan sensor yang ada dikendaraan,seperangkat fitur VCD yang mencakup anti-lock brakes (ABS),electronic brake-limited slip differential (B-LSD). Datsun CROSS juga memiliki perangkat keselamatan lainnya,termasuk airbag ganda,lampu peringatan sabuk pengaman dan lampu headlight otomatis.

Karakter ganda dari mobil ini ditekankan oleh tampilannya yang berani dan sangat individu. Di bagian depan,ada hal yang menarik perhatian yakni lampu depan dengan proyektor yang dinamis dan memiliki bentuk”Mata Elang”yang khas. Mobil ini adalah kendaraan pertama di segmennya yang memberikan fitur pengoperasian lampu otomatis.

Honeycomb grille Datsun yang sudah dikenal sekarang ini tampak lebih besar dan lebih tegas sekarang daripada sebelumnya untuk menekankan garis kap mobil,dan mendominasi bagian depan. Di profilnya,garis bahu yang naik dan sentakan tajam kearah belakang mobil memberikan penghubung dengan bahasa desain Datsun yang ada saat ini. Pada Datsun CROSS,garis ini lebih kelihatan dan karena itu lebih dinamis. Profil ini tampak praktis juga dengan adanya rak atap krom sebagai standar.

Interior hitam menyesuaikan citra eksterior yang sporty dan menampilkan kursi individu bagian depan dengan bantalan yang kokoh untuk memberikan dukungan ekstra ketika bermanuver. Interiornya dihiasi dengan bahan kain kursi yang khas,dengan pola honeycomb dan jahitan warna perak yang rapi.

Mobil ini memiliki ruang yang luas untuk lima orang dewasa dan bagasi yang luas. Masih ada ruang untuk penumpang kanak-kanak di baris ketiga yang bisa digunakan bila dibutuhkan pada perjalanan jarak pendek.

Datsun CROSS hadir dalam tujuh warna pilihan, termasuk dua warna metalik baru yang khas. Amber dan Copper. Warna lain yang tersedia adalah warna solid putih dan hitam dan tiga warna metalik abu-abu, merah, dan perak.

Datsun CROSS mulai dapat dipesan di diler-diler Datsun di seluruh Indonesia dengan harga mulai dari Rp 178 juta untuk tipe transimisi manual dan Rp 190 juta untuk tipe CVT (on the road palembang). Produksi pertama telah dimulai di pabrik Nissan Motor Indonesia di purwakarta, Jawa Barat sejak 31 Januari 2018 dengan pengiriman pertama pada konsumen dilakukan bertahap sejak bulan Maret ini. Selain di Palembang pada 14-18 Maret di Palembang Icon, Datsun akan menggelar beragam kegiatan di sejumlah kota besar di Indonesia seperti Pontianak (16-20 Maret) dan Makassar (21-25 Maret).

 

Laporan                   : Yudiyanto/Rel

Editor/Posting         :  Imam Ghazali