Nekat, 3 ABG Ini Begal Korbannya Menggunakan Pistol Mainan Anak

0
385
PELAKU BEGAL ; Dua pelaku begal, Bobi dan Acil, dan satu pelaku penadah sepeda motor, Wahyu ketika diamankan di Mapolsek Cambai, Rabu (12/09/2018)

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Meski berhasil memerdayai para korbannya, namun aksi begal atau pencurian dengan kekerasan (curas) ketiga ABG ini tergolong nekat dan berani. Dengan hanya menggunakan senjata tajam (sajam, red) jenise badek dan sepucuk senjata api (pistol) mainan anak ketiganya berhasil merampas sepeda motor jenis Honda Beat warna Pink Magenta hitam milik korban bernama Tema Binti Sanu (46), warga Jalan Sungai Medang-TanjungTelang Rt.02 Rw.05 Kelurahan Sungai Medang Cambai Kota Prabumulih.

Ulah begal ketiga pelaku ini terungkap, setelah ketiganya berhasil diringkus Team gabungan Unit Opsnal Polsek Cambai dan Team Gurita Polres Prabumulih. Ketiga pelaku yang masih tergolong ABG ini yakni, Bobi Muhamad Sulaiman (16), warga Jalan Arimbi Rt.03 Rw.05 Kelirahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Barat, Yandi Setiawan alias Acil (16) warga Taman baka Kota Prabumulih, dan seorang penadah motor curian yaitu, Wahyu Ariansyah (21) warga Dusun II Desa Segayam Rt.02 Rw.02 Kabupaten Muara Enim ini berhaasil ditangkap di rumah kediamannya masing-masing, Rabu (12/09/2018) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Sementara 1 pelaku lainnya atas nama Yanes (16) warga Jalan Arimbi, Mangga Besar berhasil meloloskan diri dari sergapan petugas.

Penangkapan para pelaku dilakukan setelah petugas menerima laporan dari korban dengan Nomor Laporan Polisi Nomor : LP/B/28 / VIII/ 2018 /Sumsel / Pbm /Sek cambai, tgl 10 Agustus 2018. Dalam laporan tersebut, korban Tema menyebut saat kejadian dirinya bersama temannya, Sulaini baru pulang dari Pasar Prabumulih dan hendak menuju rumahnya dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat, pada Kamis (09/09/2018) sore, sekitar pukul 15.00 Wib lalu.

Namun setibanya di jalan raya Sungai Medang, tepatnya di dekat kandang ayam eko Sungai Medang (TKP), tiba-tiba motor mereka dipepet para pelaku sambil mengancam dengan cara menodongkan pistol mainan kearah korban. Karena panik dan ketakutan akhirnya kedua korban terjatuh dari sepeda motornya.

Melihat kedua korban terjatuh, salah satu pelaku langsung bergegas turun dan tanpa menghiraukan kondisi korban langsung merampas dan melarikan diri bersama sepeda motor milik korban. Berkelang beberapa hari kemudian, kedua pelaku Bobi dan Acil akhirnya berhasil diringkus setelah sebelumnya petugas melakukan penyelidikan dan mengejar pelaku.

Sayang, satu rekan keduanya yaitu Yanes berhasil lolos dan kabur dari sergapan petugas. Kemudian dari nyanyian kedua pelaku, diketahui sepeda motor tersebut telah mereka jual ke salah satu penadah yakni, Wahyu Ariansyah dengan harga Rp 3 juta, yang juga berhasil ditangkap. Hingga berita ini diturunkan ketiganya telah diamankan di Polsek Cambai

Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH melalui Kapolsek Cambai, Iptu Faizal Kamil SH membenarkan pihaknya telah menangkap kedua pelaku tindak pidana Curas yakni, Bobi dan Acil serta satu pelaku penadah bernama Wahyu.

“Penangkapannya dini hari tadi, sekitar pukul 02.00 Wib, gabungan bersama Team Gurita Polres Prabumulih. Pertama yang diamankan pelaku Yandi alias Acil, hasil Introgasi mengakui ia bersama pelaku Bobi dan Yanes (DPO) yang melakukannya, dan motor dijual kepada penadah Wahyu sebesar Rp 3.000.000, selanjut para pelaku dibawa ke Polsek Cambai untuk dilakukan pengembangan,” ujar Kapolsek, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (12/09/2018) siang.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 pucuk senpi mainan anak, 1 bilah senjata tajam jens badik, dan 1 stel pakaian yang dipakai tersangka saat melakukan aksinya. “Ketiga barang bukti ini juga sudah turut kita amankan,” pungkasnya.

Laporan : AD

Editor     : Donny