Musrenbang Kecamatan Ulu Rawas Banjir Usulan

0
108

Sumateranews.co.id, MURATARA- Kecamatan Ulu Rawas Keabupaten Muratara melaksanakan musrenbang di tingkat Kecamatan bertempat di aula Kecamatan, Kamis (15/2).

Hadir dalam acara yakni Kepala Bappeda, Erwin Syarif yang diwakili Kabid Program Sarana dan Prasarana, Hj. Dwi Eriyanti, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, H. Alfirmansyah Karim, Dinas Pendidikan, Fery Yulianto, Dinas Kominfo yakni staf perencanaan Isnaini dan Nurkholish Al Hakim, perwakilan Dinas Pertanian, perwakilan Dinas PMD dan perwakilan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Dalam Musrenbang Kecamatan Ulu Rawas, meski telah tercatat dalam usulan Musrenbang tingkat Kecamatan namun masyarakat masih banyak usulan yang disampaikan warga.

Salah seorangnya tokoh masyarakat H. Daud mengungkapkan meminta kepada pemerintah Kabupaten Muratara untuk lebih memperhatikan di bidang pertanian di Kecamatan Ulu Rawas. Apalagi semenjak harga karet yang jatuh tentunya pertanian menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Sementara itu, Namun dalam perkembangannya masyarakat Ulu Rawas mengeluhkan banyakanya hama babi yang menyerang sawah milik pertanian masyarakat.

“Kita minta racun babi nantinya kepada dinas pertanian, agar sawah masyarakat terjaga dari hama babi. Salah satu mencotohkan bibit aren maupun bibit pisang yang diberi oleh dinas pertanian banyak yang musnah akibat hama babi tersebut.
Selain itu dari segi pembangunan dia meminta pemerintah untuk menertibkan para pengangkut ilegal yang sudah merusak jalan,” ujarnya.

Bila perlu ungkapnya buat aturan perjalanan angkutan kayu kembali melalui sungai bukan jalur darat. “Sangat sayang baru dibangun setahun dua tahun sudah rusak,’’ lanjutnya.

Terpisah Ali Sanusi meminta pemerintah memperhatikan dunia pendidikan, baik sarana dan prasarana dan guru tenaga kerja sukarela (TKS). “Pendidikan kita jangan tertinggal dari Kecamatan lain,” ungkapnya.
Sementara itu Kepala Bappeda Erwin Syarif melalui Kabid Program dan sarana prasarana, Hj. Dwi Eriyanti usulan yang ada silakan ditambahkan pada usulan yang sudah terangkum dalam usulan kecamatan. Selanjutnya usulan yang ada akan dibahas di tingkat kabupaten dan diperjuangkan sesuai skala prioritas.

“Kita perjuangkan mana yang bisa diperjuangkan melalui APBD, APBN maupun dana aspirasi,” cetusnya.
Untuk diketahui selain usulan tersebut, masyarakat meminta Ulu Rawas sebagai lumbung pangan, menjadikan Ulu Rawas sebagai destinasi wisata terkenal di Sumatera Selatan,” pungkasnya.

Laporan : Donna April
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article