BanyuasinSecond HeadlineSumsel

Musrenbang 2019, Bupati Prioritaskan 7 Program

Sumateranews.co.id, BANYUASIN — Guna menyusun Program Kerja pada tahun 2020, Pemkab Banyuasin melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banyuasin.

Untuk menyusun RKPD tersebut, kali ini Pemkab Banyuasin melakukan kerjasama dengan Tiga Perguruan Tinggi di Palembang yakni Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Bina Darma, dan Universitas IBA.

Acara yang berlangsung di Gedung Graha Sedulang Setuding, Kamis (21/03) dihadiri oleh Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH dan Wakil Bupati Banyuasin H. Slamet, Anggota FKPD, Rektor UIGM Marzuki Ali, SE, MM, Phd, Rektor UBD Dr Sunda Ariana MPd, MM dan Rektor UIBA Dr Karlin Agustina, MM serta Ass III Muara Enim Dr Ir H Abdul Najib.

Acara dibuka oleh Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, dengan ditandai pemukulan gong. Askolani menyampaikan pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2019 guna memperkuat Visi dan Misi Banyuasin Bangkit, Adil, dan Sejahtera.

Di dalamnya terdapat 7 program prioritas yakni Infarstruktur Bagus, Banyuasin Prima, Banyuasin Cerdas, Banyuasin Sehat, Petani Bangkit, Pemerintah Terbuka, dan Banyuasin Religius.

“Kita minta OPD lebih fokus dengan RPJMD yang telah disusun dalam lima tahun ke depan. Saya minta jangan sampai melenceng dari 7 Program tersebut. Kita harus bersinergi dan tahun pertama sudah kelihatan program yang direncanakan sudah berjalan,” katanya.

Untuk mendukung ke-7 program prioritas tersebut dibutuhkan kontribusi dari pihak lain seperti perusahaan dan investor. Oleh karena itu, pihaknya mengajak para pengusaha dan perusahaan agar bersama-sama membangun Banyuasin ini, tanpa mereka program pemerintah tidak akan tercapai.

“Kita akan berkomitmen dan istiqomah dalam membangun banyuasin sesuai dengan Visi dan Misi Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera. Insya Alllah, saya yakin Banyuasin bisa menjadi Kabupaten terdepan di Provinsi Sumsel,” tegasnya.

Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan mengharapkan Musrenbang RKPD yang digelar setiap tahun ini harus menjadi evaluasi pemerintah daerah untuk ke arah perbaikan dan kemajuan yang harus dicapai ke depan.

“Karena pemerintah daerah untuk mengerjakan program kerja yang telah disusun, perlu kerja keras yang konsisten dan sinergi sehingga potensi daerah dapat dikelola, dan diharapkan pembangunan yang terarah,” katanya.

Kepala Bappeda dan Litbang Banyuasin Ir Zulkifli Idrus, MTP menyampaikan diselenggarakan Musrenbang RKPD tahun 2019 merupakan kelanjutan dari Musrenbang Tingkat Desa, Kecamatan dan Forum penyampaian Pokok-Pokok Pikiran DPRD, forum konsultasi publik dan forum gabungan OPD.

“Ini dimaksudkan agar adanya pemahaman yang utuh dan kesamaan persepsi oleh seluruh pihak terhadap substansi RKPD tahun 2020 sesuai target capaian kinerja yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Banyuasin 2018-2023. Sehingga menjadi pedoman tujuan penyelenggaraan pembangunan yang efektif, efisien, dan akuntabel,” katanya.

 

Laporan          : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button