Muba Jadi Rujukan Pusat Olah Raga Sumsel

0
150

Sumateranews.co.id, SEKAYU – Semarak kegiatan olah raga di Kabupaten Musi Banyuasin terus bergerak. Salah satunya giat otomotif dalam bulan September 2018 yaitu Motoprix di Skyland Sekayu, dan Sabtu (22/9) komunitas Suzuki Jimny Katana Indonesia (SKIN) juga berlangsung.

Hal itu dilakukan guna mewujudkan Muba menjadi Zona Sport Tourism Sumsel. ‘’Maksudnya kegiatan wisata yang dipadukan dengan kegiatan olah raga, atau berolah raga sambil berwisata atau sebaliknya,’’ ujar Dodi Reza Alex, Bupati Musi Banyuasin.

Menurut Dodi, sport tourism dibagi menjadi dua kategori, yaitu berwisata sambil menonton pertandingan olah raga dan berwisata sambil mengikuti event- event olahraga. Tujuannya untuk menumbuhkan pendapatan masyarakat dari berbagai sektor.

Acara hari ini (Sabtu, red) berlangsung di Taman Selarai Indah Sekayu. Masyarakat, mendadak ramai. Selain olah raga, pencinta dan penggemar Jimmy Katana mendeklarasikan kepengurusannya yang dinamai dengan Suzuki Katana Jimmy Indonesia (SKIN) Cabang Musi Banyuasin.

Ketua Pengurus Daerah SKIN Sumsel, M Taufik menjelaskan komunitas Suzuki Katana Jimmy Indonesia pertama dibentuk di Surabaya. Sedangkan untuk di Sumsel sendiri terbentuk pada tahun 2013 di Baturaja.

Setiap mobil memiliki pecintanya sendiri. Mereka yang biasanya menyukai mobil yang sama tak jarang membentuk komunitas otomotif. Kegiatan bersama dengan anggota komunitas tidak hanya berkutat di dunia otomotif saja melainkan, bisa menjadi wisata alam dengan memacu adrenalin pada jalur lintasan yang menantang.

“Komunitas kami sudah terdaftar resmi dan perkembangannya cukup pesat, setiap tahun ratusan anggota bertambah,” tegasnya.

Menurut Taufik, Muba terkenal sebagai kota olah raga dan pendidikan. Sehingga diharapkan dengan terbentuknya pengurus SKIN di Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten Muba, diharapkan mampu membangkitkan olah raga otomotif, seperti offroad atau jelajah hutan Musi Banyuasin dengan menggali berbagai potensi dikemas dalam bentuk jelajah wilayah.

“Kami siap mendukung Pemkab Muba dalam membangkitkan program unggulan, khususnya di bidang olah raga khususnya otomotif yang berbasis wisata,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Muba selaku Penasehat SKIN capter Muba H Apriyadi, S.Sos, M.Si mengatakan kehadiran berbagai komunitas di Musi Banyuasin sangat dirasakan manfaat dan dukungannya terutama dalam kegiatan dan program Pemkab Muba.

“Bergabung komunitas ini banyak manfaatnya, selain untuk menyalurkan hobby dan menjaga kesehatan, kita juga bisa menjalin silaturahmi dengan sesama komunitas maupun antarkomunitas,” katanya.

Apriyadi berharap kepada pengurus SKIN Muba, untuk menggabungkan antara olah raga dan wisata, khususnya di bidang otomotif. Sehingga silakan untuk dikemas dan dikembangkan nantinya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KONI Muba H Raflen ST MT, Danramil Sekayu Kapten Hermanto, Kapolsek Sekayu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikoltura, Ketua Pengurus SKIN Daerah Palembang, Pagaralam, Lahat, Lubuk Linggau, dan Tanjung Enim.

Perwakilan anggota SKIN Muba, Ipul mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba yang telah mendukung pembentukan SKIN Muba. Sebenarnya pembentukan komunitas ini untuk menyalurkan hobi dan kreativitas.

“Kami harap dengan terbentuknya SKIN Muba ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan ikut serta menyukseskan semua program pemerintahan, khususnya kegiatan sport tourism ke depannya,’’ tandasnya.

Laporan          : Hasbullah Anwar
Editor/Posting : Imam Ghazali