Miris! Diduga Bulog Lahat Oplos Beras Puluhan Ton

0
693

Sumateranews.co.id, LAHAT- Miris! Sebanyak puluhan ton beras diduga oplosan ditemukan Minggu tanggal 23 Juli 2017 sekira pukul 17.30 WIB di gudang penyimpanan GGB Manggul Kec. Lahat Kab. Lahat.

Sat Reskrim Unit II Pidsus Polres Lahat yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Ginanjar SIK bersama dengan Subdit Indagsi Polda Sumsel yang dipimpin AKBP Fery Harahap S.IK Kasubdit Indagsi telah mengamankan beras yang diduga oplosan sebanyak 39.330 kg.

Hasil investigasi di TKP ditemukan 2 (dua) unit Drum modifikasi alat oplos, 2 (dua) unit timbangan @ 500kg, 1 (satu) unit mesin jahit, 25 (dua puluh lima) karung kemasan 15 kg, dan 25 (dua puluh lima) karung kemasan 50 kg.

Polres Lahat telah melakukan pendalaman seputar kegiatan proses pengoplosan beras. Diduga pihak gudang mengoplos beras raskin bulog, kemasan karung 50 kg Ad-Dn 2017 Drive Sumsel Babel dengan kualitas baik dioplos dengan beras kemasan 15 kg pengadaan 2016 dengan mutu rendah/tdk baik.

Kemudian beras oplosan tersebut dikemas menjadi karung beras bulog raskin 15 kg yang diduga beras tidak sesuai mutu dan akan didistribusikan kepada masyarakat.

Hal itu jelas melanggar Pasal 62 (1) jo pasal 8 (1) huruf a UU RI no.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Tim Polda Sumsel dan Polres Lahat mengamankan BB berupa beras kemasan di gudang. Sedangkan Febri Akbar Utama selaku Kepala Gudang GGB Bulog dan Aditya Bagus Santoso selaku staf pelaksana Perum Bulog belum bisa dimintai keterangan secara langsung, dikarenakan tim dari Polda yang dibantu Unit Pidsus Lahat masih melakukan pendalaman pada kasus ini.

Laporan : Novita

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre