Minimalisir Penularan Covid-19 Saat Pilkada, KPU Karimun Gelar Simulasi

44

KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Karimun mengelar simulasi cara pencoblosan, dan pemungutan suara, Sabtu (21/11/2020).

Selain dihadiri Pjs. Bupati Karimun, Heri Andrianto, acara simulasi yang diselenggarakan di Lapangan bola Alor Jongkong Kelurahan Harjosari ini juga dihadiri Kapolres Karimun AKBP Adenan SIK, Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi, Ketua Bawaslu, OPD Karimun.

Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, dilaksanakannya simulasi dalam melakukan pencoblosan nanti ialah untuk memperkecil penularan Covid-19 yang masih marak sampai saat ini.

“Antusias masyarakat yang berkaitan dengan protokol kesehatan cukup baik. Kami sangat harapkan inilah nanti menjadi gambaran pada 09 Desember 2020 saat pemilihan. Jangan sampai masyarakat datang ke TPS itu tidak mengunakan protokol kesehatan dan jangan ragu kalau masyarakat datang ke TPS.” Imbuhnya.

Eko melanjutkan, dalam proses penghitungan cepat hasil pemilihan pihaknya akan menggunakan sistem Sirekap atau sebuah sistim informasi rekapitulasi.

“Sirekap ini hanya alat bantu KPU dan tidak menjadi acuan yang baku dan untuk hasil akhir, kita masih menggunakan sistim manual,” tandas Eko.

Eko juga menjelaskan, selama proses pilkada hingga menjelang pemilihan KPU tidak melakukan sosialisasi secara terbuka karena terindikasi melanggar protokol kesehatan.

“”dan kawan – kawan kita KPPS berkerja untuk memberikan informasi dan mengajak mereka untuk datang ke TPS sesuai dengan protokol kesehatan,_ tutupnya.

Laporan : Tamba III Editor : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here