Minim Penjaga, Tembok Lapas Ditinggikan

0
254

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Lubuklinggau Imam Purwanto berencana untuk meninggikan tembok keliling Lapas.

“Untuk tembok yang sekarang tingginya hanya empat meter, namun akan kita tambahkan tingginya sekitar 2 meter lagi,” kata Kepala Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, Imam Purwanto, Selasa (5/12).

Hal itu guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Apalagi jumlah personel atau petugas jaga Lapas jumlahnya saat ini belum berimbang. Sebab petugas jaga Lapas di malam hari hanya empat orang dibantu perwira piket dan satu orang petugas piket. “Jadi tidak sebanding dengan jumlah tahanan yang ada di Lapas saat ini,’’ cetusnya.

Idealnya untuk penjagaan paling tidak satu regu itu disi dengan 12 orang. Satu petugas mengawal tiga napi. Namun dengan keterbatasan dan kekurangan itu, pihak Lapas 1 A Lubuklinggau mengaku pada Januari 2018 akan mendapatkan tenaga tambahan petugas jaga sebanyak 20 orang.

Untuk itu, pihak Lapas juga ingin mengusulkan beberapa alat CCTV. Sebab kondisi CCTV untuk saat ini di Lapas dalam keadaan rusak.

“Pihak Lapas I A Lubukkinggau ingin mengusulkan supaya dapat membantu untuk penunjang kemananan. Paling tidak minimal 20 CCTV,” pungkasnya.

Laporan           : Donna Apriliansyah

Editor/Posting  : Imam Ghazali