Minggu Militer, Prajurit Kodam Latihan PPM

0
414

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Program Minggu Militer yang merupakan kegiatan rutin pada minggu keempat atau minggu terakhir setiap bulannya dimanfaatkan Prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk melaksanakan latihan kemampuan dasar prajurit atau dikenal dengan Peraturan Militer Dasar (Permildas).

Seperti pada Senin (27/8/2018) dalam rangka mengisi kegitan Minggu Militer, segenap Prajurit Kodam II/Swj melaksanakan kembali latihan Permildas. Salah satu materi yang dilatihkan pada kegiatan Minggu Militer Prajurit Kodam II/Swj kali ini adalah Materi Peraturan Penghormatan Militer (PPM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah kegiatan Upacara Bendera Mingguan, Senin (27/8/2018) dan diawasi langsung oleh Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun, bertempat di lapangan apel Makodam II/Swj Palembang. Sebagai Perwira Koordinator Materi PPM adalah Lettu Arm Ridwan dari Denmadam II/Swj.

Dalam pelaksanaan latihan, seluruh prajurit diberikan latihan tentang penghormatan/perlakuan apabila berpapasan dengan atasan langsung, atasan tidak langsung dan kepada Perwira Tinggi (Pati) dalam hubungan kelompok maupun perorangan.

Irdam II/Swj Kolonel Inf Yusman Madayun menjelaskan bahwa, tujuan dilaksanakan latihan ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh parajurit Kodam II/Swj tentang ketentuan-ketentuan yang harus dipedomani berkaitan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) sehingga diharapkan tidak ada pelanggaran atau tegoran yang diakibatkan kesalahan dalam perlakuan terhadap atasan, baik atasan langsung maupun tidak langsung.

“PPM sudah tidak asing lagi bagi prajurit, untuk itu diharapkan kepada seluruh prajurit Kodam II/Swj, agar apa yang sudah didapat selanjutnya diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di satuan masing-masing,” ujarnya.

Menurut Kolonel Yusman, PPM adalah suatu perwujudan penghargaan seseorang terhadap orang lain atas dasar tata susila yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. “PPM juga bertujuan untuk membentuk suatu ikatan jiwa yang kuat, kedalam maupun keluar, hanya dapat dicapai antara lain, dengan adanya pernyataan saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan tertib sempurna dan penuh keikhlasan,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj dan para Perwira Menengah maupun Perwira Pertama Staf Umum Makodam II/Swj Palembang.

Sumber : Pendam II
Editor/Pendam : Imam Ghazali