‘Microteaching’ Persiapkan Para Mahasiswa Hadapi PPL 2

247
Photo: Dokumen Humas UPGRI Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG ─ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Palembang melaksanakan Microteaching di Laboratorium Microteaching Gedung Business and Science Center Lantai 3 Universitas PGRI Palembang. Microteaching dilaksanakan bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2. Microteaching wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP yang akan melaksanakan PPL 2. Hal ini dikarenakan salah satu syarat mengikuti PPL 2 adalah microteaching.

Patricia H. M. Lubis, Ph.D., Wakil Dekan I selaku Ketua Pelaksana kegiatan microteaching mengungkapkan bahwa mahasiswa yang mengikuti microteaching adalah mahasiswa yang telah atau sedang mengambil mata kuliah PPL 1 dan akan melaksanakan PPL 2. “Microteaching merupakan tahap awal para mahasiswa praktik mengajar sebelum mereka terjun ke sekolah untuk mengajar siswa yang sebenarnya. FKIP berusaha mempersiapkan mahasiswa tersebut agar lebih siap dalam pelaksanaan PPL 2 nanti”, ungkapnya pada Rabu (13/3/19).

Dekan FKIP, Dr. Dessy Wardiah, M.Pd. berharap dengan mengikuti berbagai tahapan mulai lulus mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, Media Pembelajaran Inovatif, Belajar dan Pembelajaran, PPL 1, dan Microteaching, maka mahasiswa lebih siap dalam menghadapi PPL 2.

“Saya berharap dengan mengikuti berbagai tahapan mulai lulus mata kuliah perencanaan pembelajaran, media pembelajaran inovatif, belajar dan pembelajaran, PPL 1, dan micro teaching, maka mahasiswa lebih siap dalam menghadapi PPL 2. Selain itu saya berharap para mahasiswa mengikuti microteaching ini dengan seksama dengan memperhatikan perangkat pembelajaran yang dibutuhkan sehingga saat pelaksanaan PPL 2 di sekolah para mahasiswa lebih siap dan dapat menunjukkan prestasi yang membanggakan Universitas PGRI Palembang khususnya FKIP”, tuturnya.

Rektor UPGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, M.M.,M.Si. mengungkapkan bahwa dalam meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan, universitas telah menyiapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

“Demi meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusan, maka kami pihak rektorat bersama dengan yayasan telah menyiapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan dalam mewujudkan moto universitas ‘Melaju dengan Mutu’. Dalam menghadapi PPL 2 nanti, kami telah menyiapkan laboratorium microteaching sebagai tempat praktik mengajar bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PPL2 dan semua laboratorium dipusatkan di Gedung Business and Science Center. Saya berharap laboratorium ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen dalam upaya lebih meningkatan mutu universitas”, pungkasnya.

 

Sumber : FKIP UPGRI/Ht

Editor    : Syarif

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here